Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI AIR SEDUNIA: APP Dukung Gerakan Ciliwung Bersih

Asia Pulp & Paper (APP) mendukung Gerakan Ciliwung Bersih dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh setiap 22 Maret.

Bisnis.com, JAKARTA—Asia Pulp & Paper (APP) mendukung Gerakan Ciliwung Bersih dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh setiap 22 Maret.

Sebagaimana diketahui, di Indonesia banyak yang memperingati hari ini melalui berbagai kegiatan, yang tentunya untuk memberi pemahaman dan kepedulian terhadap pentingnya air bersih bagi kehidupan serta mendukung dan mengelola keberlanjutan sumber daya air.

Salah satu cara yang dilakukan melalui Gerakan Ciliwung Bersih yang diprakarsai oleh Komunitas Peduli Ciliwung, bersama pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta yang tergabung dalam anggota Indonesia Global Compact Network (IGCN) Indonesia Water Mandate di bantaran Sungai Ciliwung, Pejaten Timur, Jakarta, Minggu (22/3/2015).

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, beserta unsur Muspida terkait.

Seperti dikutip dari keterangan resmi, APP menjadi salah satu perusahaan swasta yang berkomitmen dalam kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya konservasi air.

APP juga merupakan anggota IGCN Indonesia Water Mandate Working Group. Dari tahun 2012 hingga 2014, APP menjadi ketua kelompok Indonesia Water Mandate dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan memiliki praktik pengelolaan air yang bertanggung jawab.

Selain itu, tujuan lainnya adalah pentingnya melakukan kolaborasi guna menyelesaikan permasalahan air di tingkat nasional maupun internasional, dimana APP juga telah lama mendukung program penyediaan akses air bersih bagi komunitas di area operasional perusahaan.

Perayaan Hari Air Dunia tahun ini bertemakan Air dan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya, dilakukan kegiatan memulung sampah di Sungai Ciliwung, penebaran bibit ikan, penanaman pohon, lomba tangkap ikan, bazaar, serta launching kartu Anggota Gerakan Ciliwung Bersih (GCB).

Upaya Gerakan Ciliwung Bersih ini sudah dimulai sejak 2012, melihat kondisi awal sungai terjadi pencemaran air sungai oleh limbah industri maupun limbah rumah tangga, serta masalah sampah yang ada di badan maupun bantaran sungai.

Gerakan tersebut membuahkan hasil berupa kualitas air sungai Ciliwung menunjukkan perbaikan dengan salah satu indikator bertambahnya ekosistem di dalam sungai tersebut.

Selain itu, kajian Perusahaan Daerah Air Minum DKI Jakarta (PAM Jaya) pada 2011—2014 menunjukkan pencemaran sungai cenderung menurun.

Kepedulian di bidang lingkungan adalah fokus APP dalam keberlanjutan usaha, salah satunya adalah inisiatif kebijakan konservasi hutan (forest conservation policy/FCP).

Inisiatif ini mendefinisikan sebuah standar dan model bisnis baru untuk mencapai zero deforestation di dalam rantai pasokan industri.

Melalui program ini, APP diganjar The Global CSR Awards 2015 dengan predikat Best Environmental Excellence dalam acara The 7th Annual Global CSR Summit & Awards 2015 di Yogyakarta 19 Maret 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper