Demo Pekerja, Freeport Lumpuh

Demo pekerja di Rigde Camp, Mile 72, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua akhirnya membuat operasi penambangan bijih di tambang terbuka Grasberg lumpuh.
Lukas Hendra TM | 17 Maret 2015 15:13 WIB

Bisnis.com JAKARTA - Demo pekerja di Rigde Camp, Mile 72, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua akhirnya membuat operasi penambangan bijih di tambang terbuka Grasberg lumpuh.

Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Susigit mengungkapkan aksi yang terjadi pada Senin (16/3/2015) tersebut mengakibatkan terhentinya kegiatan tambang karena akses karyawan ke tambang tertutup.

"Kini PT Freeport Indonesia masih melakukan negosiasi perihal tuntutan dan meminta pendemo untuk memperkenankan karyawan tambang menuju lokasi tambang unt kegiatan penambangan dan perawatan," ujarnya, Selasa (17/3/2015).

Namun, lanjutnya, pihaknya belum menerima laporan lengkap dari manajemen Freeport Indonesia. "Belum disampaikan tetatpi mulai kemarin pagi menginformasikan lewat pesan singkat."

Bisnis mencatat, pekerja tambang melakukan unjuk rasa memblokade jalan tambang di Mile 72, Ridge Camp.

Area ini, merupakan tempat tinggal dan peristirahatan bagi karyawan yang beroperasi baik di Grasberg maupun tambang bawah tanah. Biasanya, area ini merupakan shelter bagi karyawan untuk naik bus menuju tambang bawah tanah.

Pekerja tambang mulai melakukan unjuk rasa sekitar pukul 05.40 WIT pada Senin (16/3/2015) dengan melintangkan alat berat untuk memblokade jalan.

Tag : demo buruh, freeport indonesia
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top