Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Ikan Jepang Terbakar di Australia, 18 WNI Dipastikan Selamat

Kapal panangkap ikan berbendera Jepang FV Shofoku Maru 78 mengalami kebakaran di perairan Barat Laut kota Dampier, Australia Barat. Sebanyak 18 warga negara Indonesia yang menjadi anak buah kapal dipastikan selamat dalam peristiwa tersebut.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Kapal panangkap ikan berbendera Jepang FV Shofoku Maru 78 mengalami kebakaran di perairan Barat Laut kota Dampier, Australia Barat. Sebanyak 18 warga negara Indonesia yang menjadi anak buah kapal dipastikan selamat dalam peristiwa tersebut.

Kementerian Luar Negeri menyebutkan informasi kebakaran itu diterima dari Australia Maritime Safety Authority (AMSA) pada Sabtu (14/3/2015) malam. Terdapat 24 anak buah kapal yang bekerja pada kapal tersebut dan 18 orang di antaranya adalah WNI.
"KBRI Canberra dan KJRI Perth telah berkoordinasi dengan Pihak AMSA dan memperoleh konfirmasi bahwa seluruh ABK tersebut berhasil diselamatkan oleh kapal berbendera Yunani, MV Axios. Pada saat penyelamatan, kapal FV Shofuku Maru 78 masih dalam keadaan dilalap api," tulis siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima Bisnis, Minggu (15/3/2015) malam.
KJRI Perth juga sempat berbicara dengan salah satu perwakilan ABK WNI untuk memastikan kondisi seluruh ABK WNI selamat. Selanjutnya, pihak AMSA berkoordinasi dengan SAR Australia untuk proses evakuasi para ABK WNI menuju pelabuhan terdekat di wilayah Australia, yakni Port Hedland, yang jaraknya sekitar 1648 kilometer arah utara Perth.
Para ABK WNI diinapkan di Port Hedland sambil menunggu proses lebih lanjut untuk kepulangan ke Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper