Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Wirausaha Muda Ini Bikin Kagum Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo tidak sungkan menunjukkan rasa kagumnya kepada para pengusaha muda yang sukses di bidangnya masing-masing. Di depan ribuan mahasiswa, Jokowi malah sempat mewawancarai 3 orang pengusaha muda sambil geleng-geleng kepala.
Nah makanya jangan tunggu lulus dulu, harus mulai sekarang, sambil kuliah sambil kerja. /Bisnis.com
Nah makanya jangan tunggu lulus dulu, harus mulai sekarang, sambil kuliah sambil kerja. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo tidak sungkan menunjukkan rasa kagumnya kepada para pengusaha muda yang sukses di bidangnya masing-masing. Di depan ribuan mahasiswa, Jokowi malah sempat mewawancarai 3 orang pengusaha muda sambil geleng-geleng kepala.

“Saya senang sekali yang muda-muda ini pandai membaca peluang, inovasinya juga enggak seperti zaman saya di mana usaha yang ada hanya itu-itu saja,” kata Jokowi saat memberi kuliah umum dalam acara Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015 di JCC, Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Pada kesempatan itu Jokowi juga memuji alumni Wirausaha Muda Mandiri, Mandiri Young Technopreneur, Wirausaha  Sosial Mandiri yang telah bertransformasi menjadi pengusaha sukses.

Ada tiga orang yang disebut Jokowi paling menarik dan dipanggilnya maju ke podium. Ketiganya yakni Hendy Setiono pemilik Kebab Turki Baba Rafi, Elang Gumilang dengan bisnisnya Elang Group, dan Mita dengan bisnis pembangkit listrik tenaga arus laut.

“Tadi saya dengar dari direktur Bank Mandiri, yang menarik namanya Hendy, umurnya 31 tahun, omzetnya saya dengar sudah lebih dari Rp100 miliar dan usahanya sudah dibuka di 8 negara. Umur 31 tahun, itu sangat muda sekali. Saya enggak tahu umur 50 sudah jadi konglomerat tingkat mana, tapi saya yakin pasti jadi orang,” kata Jokowi.

Kemudian dia memanggil Hendy naik ke atas panggung dan mulai mewawancarainya. “Hendy sini. Usaha kamu apa sih Hen?,” tanyanya. “Saya jualan kebab sejak umur 19 tahun saat masih kuliah di ITS Surabaya dan sekarang berkembang 1.000 outlet,” jawab Hendy dengan percaya diri.

Mendengar jawaban itu, Jokowi memasang tampang tak percaya dan geleng-geleng kepala. “Nah makanya jangan tunggu lulus dulu, harus mulai sekarang, sambil kuliah sambil kerja. Harus cepat, kalau telat nanti orang lain bisa masuk menjadi kompetitor kita,” kata Jokowi.

Dia kembali menanyai wirausaha kedua Elang Gumilang yang punya usaha di bidang properti. Jokowi juga memuji pria berumur 29 tahun itu yang sudah sering membuat perumahan untuk rakyat.

“Umurnya masih 29 tahun tapi omsetnya sudah triliunan, sudah memegang proyek yang bukan hanya jutaan dan miliar tapi sudah triliun. Yang saya senang dengan Elang ini karena yang dikerjakan adalah rumah murah artinya yang betul-betul kerakyatan,” kata mantan pengusaha mebel itu.

Terakhir, Jokowi juga berdialog dengan Mita yang sukses dengan bisnis pembangkit listrik tenaga arus laut. “Pembangkit listrik perintis untuk pulau-pulau kecil, sekarang untungnya miliar,” kata dia yang lagi-lagi membuat Jokowi tersenyum.

“Ini biar memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa yang hadir bahwa yang muda-muda ini bisa melebihi yang tua kayak saya. Dengan Elang, Hendy dan Mita ini saya kalah, kalah jauh kekayaannya,” ujarnya disambut tepuk tangan para hadirin.

Acara ini juga dihadiri beberapa tokoh antara lain Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot, serta Direktur Bank Mandiri Budi G. Sadikin serta ribuan mahasiswa. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper