Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Minta Usia Pensiun Pekerja 58 Tahun

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menginginkan adanya batasan usia pensiun bagi pekerja swasta pada usia 58 tahun.nn
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 12 Maret 2015  |  18:27 WIB
Pengusaha Minta Usia Pensiun Pekerja 58 Tahun
Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menginginkan adanya batasan usia pensiun bagi pekerja swasta pada usia 58 tahun. - JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menginginkan adanya batasan usia pensiun bagi pekerja swasta pada usia 58 tahun.

Menurut Wakil Sekjen Apindo Aditya Warman, penambahan batasan usia pensiun ini adalah cara efektif untuk mengantisipasi adanya kehabisan dana dalam program jaminan pensiun saat jumlah penerima pensiun tidak seimbang dengan ketersediaan anggaran.

“Cara terbaik memang menambah usia pensiun menjadi 58 tahun. Kami menilai usia pensiun pekerja swasta dengan PNS harus disamakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, apabila pemerintah gagal memuat batasan usia pensiun pada usia 58 tahun dalam PP Jaminan Pensiun, maka hal ini harus diatur dalam UU Ketenagakerjaan, sehingga ada acuan bagi perusahaan untuk menetapkan usia pensiun.

Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi menolak usulan pemerintah dan Apindo untuk memperpanjang batasan usia pensiun bagi pekerja swasta. Menurutnya batasan usia pensiun yang ideal adalah 55 tahun.

Dia beralasan, jika melebihi usia 55 tahun maka produktivitas pekerja akan berkurang. Apabila produktivitas berkurang, sambungnya, maka yang akan menanggung kerugian pada akhirnya adalah pihak perusahaan sendiri.

“Kami menolak kalau mau diperpanjang, kami tetap di angka 55 tahun. Alasannya usia produktif orang Indonesia masih pada usia 55 tahun.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pensiun JAMINAN PENSIUN
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top