Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKR Land Bidik Rp800 Miliar dari Surabaya, Jakarta dan Manado

AKR Land Development, mengejar prapenjulalan atau marketing sales senilai Rp800 miliar pada tahun ini. Perusahaan mengerek target tersebut dari proyeknya yang tersebar di Jakarta, Surabaya dan Manado
 Ilustrasi./
Ilustrasi./

Bisnis.com, JAKARTA— AKR Land Development, mengejar prapenjulalan atau marketing sales senilai Rp800 miliar pada tahun ini. Perusahaan mengerek target tersebut dari proyeknya yang tersebar di Jakarta, Surabaya dan Manado.

Managing Director AKR Land Widijanto mengatakan porsi terbesar penyumbang marketing sales berlokasi di Surabaya. Proyek bernama Grand Estate Marina tersebut akan berkontribusi sebesar 45% atau Rp350 miliar. Tak tanggung-tanggung, proyek itu akan dibangun di atas lahan seluas 800 ha.

“Surabaya menjadi kontribusi utama karena proyek terbesar kami terletak di sana. Kami meluncurkan sebanyak 1.000 unit rumah yang termasuk dalam tahap 1,” katanya kepada Bisnis.com, Rabu (11/3/2015).

Tahap 1 tersebut tercakup dalam tiga kalster di mana satu klaster terdiri dari 300 unit rumah. Adapun pemasaran mulai dilakukan pada bulan Mei.

Pembangunan proyek perumahan dengan kuantitas besar tersebut, lanjutnya, akan menyasar masyarakat menengah ke bawah. Pasalnya, Grand Estate Marina dibangun berdekatan dengan proyek kawasan Industri perseroan bernama Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Oleh karena itu, pekerja di kawasan industri diakomodasi melalui hunian tapak yang terjangkau. Pasalnya, perusahaan hanya memasarkan rumah tipikal 7x15 m dengan harga jual Rp3 juta per meter persegi.

Widijanto optimistis produk tersebut cepat terserap pasar Surabaya lantaran pekerja industri banyak bercokol di Jawa Timur. Bahkan, tutur dia, penyumbang pekerja industri di Jakarta, 40% nya berasal dari Jawa Timur.

“Grand Estate Marina di Surabaya adalah salah satu bentuk dukungan perusahaan pada program pemerintah Sejuta Rumah. Nantinya, proyek itu mengcover total 25.000 unit rumah,” katanya.

Kontribusi terbesar kedua yang dikerek perusahaan adalah proyek Gallery West di Jakarta. Suprblok yang dibangun di atas lahan seluas 2 ha itu terdiri dari dua menara yang mencakup satu menara apartemen dan satu menara gabungan perkantoran dan hotel.

“Gallery West akan menyumbang sekitar 35% dari total marketing sales,” ucapnya.

Saat ini, perusahan tengah memasarkan perkantoran setinggi 38 lantai dengan sistem sewa dan jual sebesar masing-masing 50%. Harga jual ruang kantor dipatok Rp28 juta/m2 sedangkan sewanya dibanderol Rp300.000/m2/bulan. Penyewa ruang kantor yang mengincar kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat berasal dari perusahaan perbankan, asuransi dan logistik.

Sementara itu, menara apartemen bertajuk Gallery West Residence dipasarkan Rp25 juta/m2.

Proyek ketiga yang menuai kontribusi marketing sales berlokasi di Manado. Proyek superblok seluas 300 ha itu bertajuk Grand Kawanua International City. “Proyek itu akan menyumbang sekitar 20%.

Pada tahun ini, AKR Land memasarkan  dua klaster bernama Casa de Viola dan New Royal dengan total 700 unit rumah. Adapun harga rumah dipatok Rp5 juta/m2.  Selain itu, perusahaan juga akan membangun Citywalk Shopping mall seluas 300.000 m2 yang dapat menjadi pemasok pendapatan berkelanjutan (recurring income).

Grand Kawanua International City di Manado telah dikembangan beberapa kalster perumahan, hotel bintang 5, convention center dan lapangan golf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper