Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Pacu Kapasitas SDM Kelautan dan Perikanan

Kapasitas SDM sektor kelautan dan perikanan menjadi salah satu fokus KKP dalam mendorong industrialisasi kelautan dan perikanan untuk menghadapi persaingan global seiring dengan penerapan Masyarakat Eknomi Asean.

Bisnis.com, MAKASSAR - Kapasitas SDM sektor kelautan dan perikanan menjadi salah satu fokus KKP dalam mendorong industrialisasi kelautan dan perikanan untuk menghadapi persaingan global seiring dengan penerapan Masyarakat Eknomi Asean.

Menurut Kepala BPSDM KP Kementerian Kelautan dan Perikanan Suseno Sukoyono, terdapat sejumlah prinsip dasar dalam mewujudkan hal tersebut yakni peningkatan daya saing, modernisasi sistem produksi hulu dan hilir, penguatan pelaku industri kelautan dan perikanan berbasis komoditas, wilayah dan sistem manajemen berkelanjutan serta transformasi sosial.

Sehingga, lanjutnya, dibutuhkan peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan guna menghasilkan SDM unggul di sektor kelautan dan perikanan.

Langkah tersebut sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015–2019, di mana peran SDM kompeten menjadi target dan sasaran prioritas guna mensukseskan keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan.

Di sisi lain dibutuhkan pula sejumlah pembenahan dalam sistem peningkatan kapasitas SDM, yakni desain kurikulumnya harus menggunakan sistem vokasi dengan pendekatan teaching factory, kurikulum harus merujuk pada kebijakan pemerintah agar dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri.

"Serta pembenahan selanjutnya adalah menajamkan kompetensi peserta didik," katanya di Makassar, Kamis (26/2/2015).

Pada tahun ini, BPSDM KP menargetkan penyelenggaraan pendidikan bagi 6.250 peserta didik dengan output lulusan sebanyak 1.700 orang, pengembangan Polteknik KP sebanyak 10 unit, dukungan biaya pendidikan bagi 832 orang anak pelaku utama, penumbuhan wirausaha muda bagi peserta didik sebanyak 53 paket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper