Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citi Microentrepreneurhip Awards Untuk UKM Digelar Lagi

Citi Indonesia melalui program Citi Peka kembali menggelar Citi Microentrepreneurship Awards ke-10 untuk pengembangan sektor usaha mikro dan lembaga keuangan mikro (LKM).
Sektor usaha kecil menengah/Ilustrasi-Bisnis
Sektor usaha kecil menengah/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Citi Indonesia melalui program Citi Peka kembali menggelar Citi Microentrepreneurship Awards ke-10 untuk pengembangan sektor usaha mikro dan lembaga keuangan mikro (LKM).

Puni Anjungsari, Vice President Corporate Affairs Director Citi Indonesia, menyatakan selama satu dasawarsa penyelenggaraan CMA, ada lebih dari 5.000 pengusaha mikro yang berpatisipasi dan 92 pemenang dari berbagai kategori. Selama 10 tahun, Citi Peka juga telah menggelontorkan dana US$905.000 bagi pengusaha mikro di seluruh Indonesia.

"Melalui payung kegiatan kemasyarakatan Citi Peka atau Peduli dan Berkarya ini Citi merealisasikan komitmennya untuk pengembangan sektor usaha mikro Indonesia dan mendorong literasi keuangan," katanya, Kamis (26/2/2015).

Dia menyatakan peningkatan literasi keuangan akan meningkatkan akses terhadap jasa dan produk keuangan, sehingga para pelaku UKM bisa menjadi penggerak ekonomi.

CMA sendiri digelar dengan menggandeng UKM Center FEB UI. Pelaku usaha yang berhak mengikuti ajang ini yakni yang beromzet tahunan di bawah Rp200 juta per tahun atau laba kurang dari Rp5 juta per bulan.

Tahun ini ada sekitar 400 wirausaha mikro binaan lembaga keuangan mikro yang terjaring pada program CMA. Dari jumlah itu terpilih 16 finalis yang dibagi ataa empat kategori, wirausaha mikro perempuan, wirausaha mikro sosial, wirausaha mikro berwawasan lingkungan, dan wirausaha mikro pelestarian budaya.

Dari masing-masing kategori, dipilih dua pemenang berdasarkan nilai tambah dan prospek bisnis, keterlibatan perempuan, pengangguran dan para disabilitas. Pemenang pertama diganjar hadiah uang tunai Rp20 juta dan pemenang kedua Rp15 juta.

Selain itu ada juga penghargaan khusus untuk wirausaha mikro terbaik 2014 dengan hadiah Rp25 juta, lembaga keuangan mikro terbaik dengan program pendampingan terinovasi, serta alumni CMA dengan pengembangan usaha terbaik.

Eugenia Mardanugraha, Kepala UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, mengatakan sejak 2013 lalu CMA rutin mengadakan pelatihan ke berbagai daerah. Pelatihan tersebut untuk memberikan apresiasi, informasi, jejaring serta memberikan kesempatan pameran produk bagi pengusaha mikro.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper