Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Kian Tajir: Makin Mampu Menabung dan Bayar Utang. Ini Surveinya

Jumlah masyarakat yang menabung pada bulan Januari tahun ini mengalami peningkatan. Indikasi peningkatan penghasilan tercermin dari kenaikan indeks penghasilan saat ini sebesar 0,7 poin menjadi 124,8 poin.
Uang/vcpost.com
Uang/vcpost.com
Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah masyarakat yang menabung pada bulan Januari tahun ini mengalami peningkatan, kata sebuah survei.
 
Hal itu berdasarkan hasil survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia edisi Januari 2015, yang dirilis baru-baru ini.
 
Survei konsumen ini dilaksanakan pada 4.600 rumah tangga sebagai responden atau satisfied random sampling di 18 kota, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Bandar Lampung, Palembang, Banjarmasin, Padang, Pontianak, Samarinda, Manado, Denpasar, Mataram, Pangkal Pinang, Ambon dan Banten.
 
Dari hasil survei tersebut terdapat peningkatan jumlah penabung karena tingkat penghasilan masyarakat lebih tinggi dibandingkan tingkat konsumsi dan penurunan harga BBM bersubsidi pada awal tahun.
 
Indikasi peningkatan penghasilan tercermin dari kenaikan indeks penghasilan saat ini sebesar 0,7 poin menjadi 124,8 poin.
 
Peningkatan tabungan konsumen tercermin dari porsi tabungan terhadap pendapatan atau saving to income ratio dari bulan sebelumnya sebesar 17,7% menjadi 20% per Januari 2015.
 
Peningkatan saving to income ratio tertinggi terjadi pada responden dengan tingkat pengeluaran senilai Rp3 juta hingga Rp4 juta setiap bulan sebesar 20,2% per Januari dari bulan sebelumnya 17%.
 
Lalu disusul masyarakat dengan tingkat pengeluaran Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulannya dengan pertumbuhan saving to income ratio sebesar 2,1% menjadi 19% pada Januari.
 
Peningkatan pendapatan juga mendorong naikknya kemampuan masyarakat untuk membayar utang.
 
Hal tersebut tercermin dari porsi pembayaran cicilan pinjaman atau utang terhadap pendapatan atau debt to income ratio pada Januari sebesar 14,2% naik dari bulan sebelumnya yang mencapai 13,0%.
 
Tingkat konsumsi masyarakat pada bulan Januari tahun ini mengalami penurunan dari bulan sebelumnya yang mencapai 69,2% menjadi 65,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper