Badan Ekonomi Kreatif Harus Diberi Kewenangan Penuh Seperti BKPM

Pemerintah disarankan untuk memberikan kewenangan penuh terhadap Badan Ekonomi Kreatif sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik dalam pengembangan ekonomi sektor ini.nn
Tegar Arief | 02 Februari 2015 20:05 WIB
Sektor ekonomi kreatif butuh kewenangan khusus seperti BKPM untuk mendorong perkembangannya - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah disarankan untuk memberikan kewenangan penuh terhadap Badan Ekonomi Kreatif sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik dalam pengembangan ekonomi sektor ini.

Pengamat ekonomi kreatif Cokorda Istri Dewi mengatakan Badan Ekonomi Kreatif harus bekerja seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yang memiliki peran yang besar dalam implemetasi sebuah regulasi, sehingga kinerja dan fungsinya benar-benar nyata.

"Harus memiliki kekuatan di regulasi, seperti BKPM, sehingga kinerjanya benar-benar nyata dan kelihatan," katanya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (2/2/2015).

Menurutnya, pemerintah juga harus mengalokasikan dana pendidikan yang sebesar 20% dari APBN untuk kebutuhan pembinaan pelaku ekonomi kreatif, yang bberpotensi membuka lapangan kerja baru di sektor ini.

“Anggaran 20% dari APBN untuk pendidikan itu tidak pernah dialokasikan untuk ekonomi kreatif. Padahal ini perlu, dan bisa dialokasikan untuk pembinaan pelaku atau pengajar ekonomi kreatif,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
badan ekonomi kreatif

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top