Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Distribusi Pupuk, Jokowi "Galak" ke Pejabat BUMN

Presiden Joko Widodo mengancam akan mencopot pejabat Badan Usaha Milik Negara di sektor perpupukan yang memiliki kinerja buruk.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 31 Januari 2015  |  19:04 WIB
Presiden Jokowi (tengah) - Bisnis.com/Miftahul Khoer
Presiden Jokowi (tengah) - Bisnis.com/Miftahul Khoer

Bisnis.com, SUKOHARJO--Para pejabat BUMN yang terkait dengan distribusi pupuk harus siap-siap dengan ancaman Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Jokowi mengancam akan mencopot pejabat Badan Usaha Milik Negara di sektor perpupukan yang memiliki kinerja buruk.

Hal itu diungkapkan ketika Jokowi dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyambangi area persawahan Sukoharjo Jawa tengah, Sabtu (31/1) petang.

"Pokoknya kalau ada distribusi pupuk yang telat sampai ke petani, saya akan copot pejabat BUMN yang membidangi perpupukan," paparnya.

Menurut Jokowi, terealisasinya target swasembada pangan nasional salah satunya didukung oleh penyediaan pupuk yang optimal kepada para petani.

Pada program di pemerintahannya, Jokowi memberikan bantuan pupuk untuk seluruh petani di Indonesia dari hasil pengalihan subsidi bahan bakar minyak.

Dia menambahkan pemberian pupuk tersebut harus diiringi dengan target produksi untuk mencapai surplus padi pada tiga tahun mendatang.

Jokowi dan Amran sebelumnya memberikan bantuan 852 traktor untuk para petani di Jawa Timur. Sementara untuk Jawa Tengah, bantuan traktor diserahkan sebanyak 831 untuk setiap kelompok tani.

Khusus untuk Jawa Tengah, Jokowi mengingatkan pada Gubernur Ganjar Pranowo agar meningkatkan produksi hingga mencapai dua juta ton untuk tahun ini.

"Kalau target tidak tercapai, maka saya ingatkan Pak Gubernur beserta wali kota dan bupatinya tidak akan menerima lagi bantuan," ujarnya.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman ke Jawa Timur dan Jawa Tengah hari ini disambut antusias oleh warga setempat.

Bahkan di Kabupaten Sukoharjo, ratusan warga rela menunggu hingga tiga jam lebih di bawah guyuran hujan.

Warga menunggu Jokowi sambil duduk-duduk di tengah sawah yang sudah sterilisasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi pupuk
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top