Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANDARA AHMAD YANI: Pengembangan Rampung Akhir 2016

Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, diperkirakan rampung pada akhir 2016 kendati sempat mengalami perubahan desain setelah mulai dikembangkan pada pertengahan 2014.
Bandara Ahmad Yani Semarang. Pengembangan rampung akhir 2016/JIBI
Bandara Ahmad Yani Semarang. Pengembangan rampung akhir 2016/JIBI

Bisnis.com, SEMARANG—Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, diperkirakan rampung pada akhir 2016 kendati sempat mengalami perubahan desain setelah mulai dikembangkan pada pertengahan 2014.

General Affairs and Communication Section Head PT Angkasa Pura (Persero) I Cabang Bandara Ahmad Yani Anom Fitra Anggono mengatakan pihaknya optimistis pengembangan akan sesuai dengan rencana awal.

"Pengembangan diperkirakan rampung pada akhir 2016 atau awal 2017 paling lama," ungkapnya saat ditemui Bisnis, Jumat (30/1/2015).

Dia menuturkan pengembangan baru bagi penambahan kapasitas Bandara Ahmad Yani tersebut ditujukan untuk mengantisipasi tren peningkatan arus penumpang yang menggunakan moda transportasi udara.

Menurutnya, peningkatan kapasitas bandara, baik terminal, apron maupun fasilitas pendukung lainnya akan memaksimalkan layanan penerbangan di Jawa Tengah.

Secara terpisah, Project Secretry Pengembangan Bandara Internasioanl Ahmad Yani IGN Agung Wirama menjelaskan pengembangan bandara terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama dengan nilai proyek mencapai Rp1,5 triliun terbagi dalam empat paket pengerjaan, yakni paket pengerjaan akses jalan, pematangan lahan dan fasilitas parkir terbuka seluas 43.500m2, paket pengembangan apron seluas 61.744 m2, paket pembangunan terminal dengan luas 40.900 m2, serta paket pengembangan fasilitas-fasilitas pendukung bandara, seperti kargo dan perkantoran.

Pengembangan tersebut akan menghadirkan sepuluh parking stand, masing-masing  dua untuk pesawat berukuran besar (wide body) dan  delapan untuk ukuran sedang (narrow body). Hingga saat ini Bandara Ahmad Yani telah mengoperasikan delapan parking stand, lima untuk pesawat berukuran sedang dan tiga lainnya untuk pesawat kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper