Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Januari Diperkirakan Dekati 0%

-Penyesuaian harga bahan bakar minyak jenis Premium dan Solar diperkirakan dapat membuat inflasi mendekati 0% pada Januari 2015.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Penyesuaian harga bahan bakar minyak jenis Premium dan Solar diperkirakan dapat membuat inflasi mendekati 0% pada Januari 2015.

Agus Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia, mengatakan inflasi pada minggu ketiga Januari tahun ini diperkirakan mencapai 0,08%.

Inflasi nasional dapat berubah menjadi deflasi apabila terjadi koreksi harga ayam, sapi, dan telur di pasar yang sempat melonjak saat pemerintah menaikkan harga BBM.

"Januari tahun ini inflasi akan rendah, bahkan bisa deflasi, karena penyesuaian harga BBM yang dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu," katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Agus menuturkan dengan koordinasi pengendalian inflasi yang baik, maka inflasi sepanjang tahun ini dapat mencapai 4% plus minus 1%. Apalagi harga cabai di pasar saat ini diperkirakan akan terus turun menuju harga normalnya.

Menurutnya, harga BBM sangat mempengaruhi inflasi di dalam negeri. Hal tersebut terlihat dari inflasi sepanjang tahun lalu yang mencapai 8,3%, karena pemerintah menaikkan harga BBM jenis Premium dan Solar.

"Penyesuaian harga BBM pada 2014 menyebabkan inflasi 8,3%. Akan tetapi itu untuk menyehatkan manajemen energi dan mengurangi subsidi," ujarnya.

Dia menuturkan pemerintah tahun ini juga perlu mewaspadai inflasi pada Maret, Juni, dan September yang diperkirakan akan cukup tinggi, karena siklus tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper