Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENANAMAN MODAL: Akhir Januari, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nasional Bergulir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan PelayanaN Terpadu Satu Pintu (PTSP) Nasional bidang penanaman modal pada akhir Januari 2014.
Kantor pusat BKPM. Pelayanan terpadu satu pintu nasional digulir akhir Januari/Bisnis
Kantor pusat BKPM. Pelayanan terpadu satu pintu nasional digulir akhir Januari/Bisnis

Bisnis.com--JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan PelayanaN Terpadu Satu Pintu (PTSP) Nasional bidang penanaman modal pada akhir Januari 2014.  

Presiden Jokowi  menyatakan PTSP akan mempercepat perizinan penanaman modal di Indonesia. Untuk keperluan ini, Presiden Jokowi telah memanggil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani ke kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/1/2015).

“Pak Jokowi akan meresmikan PTSP di minggu keempat bulan ini. Hari ini kami akan mendengar pemaparan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) soal persiapannya,” kata Menteri Kordinator Perekonomian Sofyan Djalil yang mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan pemaparan di Istana Merdeka seperti dilansir laman Setkab.

Dengan berlakunya PTSP secara nasional, Presiden  mengharapkan  pengurusan izin pembangunan infrastruktur, seperti pembangkit listrik,  hanya butuh waktu  tiga bulan.

Sebagaimana diketahui, pada 15 Desember 2014, BKPM telah meluncurkan Layanan Penerbitan Perizinan Penanaman Modal Secara online, untuk memudahkan investor mengakses layanan perizinan di PTSP-BKPM.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan layanan online  untuk penerbitan perizinan di BKPM ini, merupakan persiapan BKPM sebagai pelaksana penyelenggara PTSP seperti yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi.

“Mulai 15 Desember 2014 seluruh perizinan yang diterbitkan BKPM dapat dilakukan pengajuannya secara online, sehingga tidak ada layanan tatap muka. Investor dapat mengajukan permohonan dari kantor masing – masing, tidak perlu datang ke sini (BKPM), dan dapat memonitor proses penerbitan perizinan yang dimohonkan via online tracking system,” jelas Franky.

Dia menambahkan  layanan penerbitan perizinan online ini merupakan bagian dari upaya membuat iklim investasi menjadi lebih baik.

“Layanan perizinan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi akan meningkatkan daya saing investasi Indonesia, karena mengefisienkan proses perizinan menjadi lebih mudah dan ringkas,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper