Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ADB: Prospek Ekonomi Indonesia Cukup Bagus

Presiden Asian Development Bank Takehiko Nakao mengungkapkan prospek ekonomi Indonesia tahun ini cukup bagus.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 13 Januari 2015  |  15:43 WIB
Ilustrasi - Jibi
Ilustrasi - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Asian Development Bank Takehiko Nakao mengungkapkan prospek ekonomi Indonesia tahun ini cukup bagus. 

Kepala Bappenas Andrinof Chaniago yang mendampingi Presiden Jokowi saat bertemu Nakao mengatakan bahwa ADB memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini 5,6% atau masih di bawah proyeksi pemerintah 5,8%.
 
"Targetnya optimistis walaupun masih di bawah target pemerintah," katanya di Istana Kepresidenan, Selasa (13/1/2015). 
 
Dalam kesempatan itu, ADB menyampaikan dukungan terkait pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintahan selama lima tahun ke depan. Salah satu komitmennya adalah mengucurkan pinjaman lunak kepada Badan Usaha Milik Negara dengan tingkat bunga rendah. 
 
Dalam siaran pers ADB yang diterima Bisnis.com, pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah membutuhkan dana lebih dari US$500 miliar dalam 5 tahun ke depan.
 
Nakao mendukung rencana pemerintah untuk mendiversifikasi pembiayaan dengan memanfaatkan sumber daya publik, swasta, sekaligus juga pembiayaan eksternal dari institusi keuangan internasional. 
 
"Selain itu, menghilangkan ketidakpastian aturan yang selama ini menghambat investasi swasta di sektor infrastruktur juga akan membantu menghasilkan pembiayaan melalui kemitraan publik-swasta," jelasnya. 
 
Menurut ADB, meskipun Indonesia berhasil menurunkan kemiskinan dalam jumlah cukup besar masih ada 28 juta jiwa atau 11% dari penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Selain itu 60% dari angkatan kerja berada di sektor informal sehingga rentan untuk jatuh kembali dalam jurang kemiskinan. 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi indonesia
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top