Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAWASAN INDUSTRI MALOY: Investor Ancam Batalkan Investasi di Kaltim

Kamar Dagang dan Industri Kalimantan Timur mengeluhkan lambannya pembangunan infrastruktur jalan raya di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Maloy di Kutai Timur. Bila keadaan ini terus berlanjut, sejumlah investor potensial dikhawatirkan batal menanamkan modal mereka di salah satu provinsi terkaya ini.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 13 Januari 2015  |  15:53 WIB
Salah satu akses menuju kawasan industri
Salah satu akses menuju kawasan industri

Bisnis.com, Balikpapan - Kamar Dagang dan Industri Kalimantan Timur mengeluhkan lambannya pembangunan infrastruktur jalan raya di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Maloy di Kutai Timur. Bila keadaan ini terus berlanjut, sejumlah investor potensial dikhawatirkan batal menanamkan modal mereka di salah satu provinsi terkaya ini.

Wakil Ketua Bidang Investasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Timur Alexander Sumarno mengatakan pembangunan jalan raya di kawasan itu tidak berjalan optimal. Akibatnya, pelaku usaha berpikir ulang untuk menanamkan modalnya di kawasan itu.

"Kami melihat belum ada perkembangan yang signifikan, infrastruktur yang ada masih minim. Tentu ini menyulitkan investor," katanya, Selasa (13/1/2015).

Alexander mengungkapkan pelaku usaha berharap penetapan kawasan industri ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan timur Indonesia. Karena itu, pihaknya sangat menyayangkan jika proyek tersebut tidak dijalankan secara serius oleh pemerintah.

"Selain infrastruktur jalan raya, pembebasan lahan juga belum sepenuhnya selesai," ungkapnya.

Kawasan industri Maloy sebenarnya digadang-gadang dapat menyaingi Kluster sawit Lahad Datu di Malaysia. Sebab, kawasan ini dipersiapkan menjadi pusat pengolahan minyak kelapa sawit beserta produk turunannya dan menjadi pusat industri terintegrasi dengan pelabuhan berskala internasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investor kawasan industri
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top