Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERBAIKAN IRIGASI 2015: Sumbar Ajukan 127.000 Hektare

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana mengajukan perbaikan jaringan irigasi seluas 127.953 hektar sawah sebagai upaya mengejar produksi padi 3 juta ton sesuai target Kementerian Pertanian.
Perbaikan irigasi. Sumbar ajukan 127.000 hektare/Bisnis
Perbaikan irigasi. Sumbar ajukan 127.000 hektare/Bisnis

Bisnis.com, PADANG--Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana mengajukan perbaikan jaringan irigasi seluas 127.953 hektar sawah sebagai upaya mengejar produksi padi 3 juta ton sesuai target Kementerian Pertanian.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan pemerintah perlu memperbaiki jaringan irigasi yang rusak di daerah tersebut, agar target yang dicanangkan pemerintah tercapai.

“Sekitar 127 ribu hektar sawah di Sumbar, irigasinya dalam keadaan rusak, sehingga perlu diperbaiki,” katanya, Selasa (16/12/2014).

Dia menyebutkan untuk tahap awal Pemprov Sumbar mengajukan perbaikan irigasi untuk 53.000 hektar sawah pada Januari tahun depan. Sisanya diajukan secara bertahap sampai penghujung tahun 2015.

Irwan mengatakan perbaikan irigasi itu penting untuk menjamin keberlangsungan pertanian, dan mengejar target produksi padi yang ditetapkan pemerintah pusat untuk daerah tersebut sebanyak 3 juta ton tahun depan.

“Untuk mencapai target itu, irigasi harus diperbaiki. Sehingga petani yang biasanya panen sekali setahun, bisa dua kali. Tujuannya adalah peningkatan produksi,” ujarnya.

Menurut Irwan, target yang dibebankan pemerintah tersebut sebagai upaya mencapai swasembada beras nasional dengan peningkatan produksi hingga 5,7 juta ton beras dalam tiga tahun.

Untuk Sumbar, dia menyebutkan produksi padi sudah surplus 800.000 ton dari kebutuhan masyarakat. Tahun ini, produksi padi mencapai 2,49 juta ton, dan ditingkatkan 20% untuk tahun berikutnya.

Dia mengatakan Pemprov Sumbar juga memberikan stimulus kepada petani berupa bantuan dana sebesar Rp10 juta per hektar bagi pembukaan sawah baru. Sumbangsih pemerintah melalui APBD juga dinilai cukup besar mencapai 7% dari total anggaran daerah tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menantang Pemprov Sumbar meningkatkan produksi pertanian, terutama untuk padi.

“Saya minta Sumbar tingkatkan produksi padinya 500.000 ton tahun depan. Nanti pemerintah pusat akan bantu perbaikan irigasi dan peralatan untuk petani,” janjinya pekan lalu.

Dia mengatakan pemerintah menargetkan perbaikan 3 juta hektar irigasi dalam 3 tahun di seluruh Indonesia, sehingga target swasembada pangan bisa tercapai dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper