Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemasaran Digital: Start Up Asal Riau Gandeng XL Tawarkan Mobile Ads

Perusahaan rintisan (start up) asal Riau, PT Afto Teknologi Indonesia menggandeng operator PT XL Axiata untuk memasarkan produk mobile ads di wilayah Sumatera Bagian Tengah.
Ilustrasi/xl.co.id
Ilustrasi/xl.co.id

Bisnis.com, PEKANBARU -- Perusahaan rintisan (start up) asal Riau, PT Afto Teknologi Indonesia menggandeng operator PT XL Axiata untuk memasarkan produk mobile ads di wilayah Sumatera Bagian Tengah.

Direktur Utama PT Afto Teknologi Indonesia Yudha Dewantoro mengatakan sebagai perusahaan baru pihaknya melihat ada potensi besar bidang pemasaran digital sejak berkembang industri bidang teknologi informasi.

"Karena itu kami mulai merintis perusahaan ini yang siap melayani konsumen dari berbagai perusahaan bidang perdagangan atau jasa yang membutuhkan sarana promosi digital," katanya dalam konferensi pers, Kamis (4/12/2014).

Untuk memaksimalkan layanan tersebut, Afto menggandeng PT XL Axiata sebagai salah satu operator telekomunikasi besar di Indonesia yang telah memiliki produk dan sistem pemasaran digital.

Perusahaan yang menjadi target produk mobile ads ini menurut Yudha, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, perhotelan, cafe, restoran, multifinance dan produk yang membutuhkan promosi di masyarakat.

Yudha menilai sudah saatnya perusahaan di Riau mengalihkan target promosinya dari cara konvensional ke penggunaan teknologi informasi.

"Sekarang semua orang sudah menggunakan perangkat mobile, mulai handphone biasa sampai telepon pintar. Jadi produk dan sistem promosi ini sangat cocok untuk meningkatkan penjualan," katanya.

Strategic Digital Service and Mobile Ads PT XL Axiata Chris Wiranata mengatakan pihaknya telah lebih dulu menjalankan sistem promosi digital ini di Pulau Jawa dan terbukti mendorong peningkatan penjualan produk.

"Karena dengan promosi seperti ini bisa diketahui berapa persen respons konsumen dari promosi tersebut dan berapa yang tidak merespons. Selain itu, juga diketahui berapa peningkatan penjualan yang didapatkan," katanya.

Produk promosi yang ditawarkan XL juga beragam jenis, misalnya location based customer. Dengan sistem ini, bila konsumen memasuki sebuah wilayah yang telah dikover promosi, dia akan mendapatkan sms pemberitahuan tentang program penjualan produk terkait.

Selain itu ada juga merchant based customer yang memberikan promosi kepada pelanggan yang memasuki gerai atau lokasi yang telah ditunjuk dan termasuk ke dalam sistem yang telah disiapkan.

"Kalau ini sudah berhasil dipraktikkan di luar Riau, kami juga optimistis sistem ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan di sini," kata Chris.

Menurut data XL Axiata, sampai saat ini pihaknya telah memiliki subscriber hingga 800.000 pelanggan di wilayah Riau. Angka ini tumbuh 60% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 500.000 pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper