Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI MEBEL: Asmindo & AMKRI Sepakat Dilebur, Ikuti Saran Jokowi

Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menyatakan sepakat dengan permintaan Presiden Joko Widodo yang meminta agar pengusaha mebel menjadi satu organisasi.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, SURABAYA - Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menyatakan sepakat dengan permintaan Presiden Joko Widodo yang meminta agar pengusaha mebel menjadi satu organisasi.

Ketua Asmindo Taufik Gani mengatakan penggabungan antara Asmindo dengan Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) merupakan keinginan Presiden Jokowi untuk mempermudah membuat kebijakan dan memajukan industr mebel.

"Pak Jokowi mewacanakan, kenapa tidak menjad satu asosiasi saja, nah kami kemudian merefleksikan permintaan itu, dan kami membuat rapat dengan asosiasi dar daearah-daerah," katanya usai Rapimnas Asmindo di Surabaya, Sabtu malam (22/11/2014).

Liem Laurentius, Ketua Asmindo Jatim, mengatakan pihaknya berencana menyampaikan kesepakatan tersebut kepada AMKRI dalam waktu dekat agar segera ada gebrakan baru dalam dunia permebelan.

"Permintaan Pak Presiden yang juga memiliki basic usaha mebel itu terlepas dari nama asosiasi apa yang akan dipakai. Intinya kami sepakat untuk menjadi satu," imbuhnya.

Dia menambahkan, dengan bersatunya asosiasi mebel di Tanah Air, membuat pemerintah lebih mudah memberikan dorongan industri, terutama untuk industri skala kecil yang hingga saat ini masih sulit menerapkan sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK) lantaran biayanya yang tinggi.

"Penerapan SVLK ini mendorong pengusaha kecil untuk lebih menjadi profesional, dan dalam wacananya pemerintah akan mendukung IKM dan mempermudah proses pengurusan SVLK," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper