Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyerapan Semen Domestik Diprediksi 100% Tahun Depan

Penyerapan produksi semen di dalam negeri pada tahun depan diproyeksikan mencapai 92,9% dari realisasi produksi.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 10 November 2014  |  11:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Penyerapan produksi semen di dalam negeri pada tahun depan diproyeksikan mencapai 92,9% dari realisasi produksi.

Angka tersebut merupakan prediksi pelaku industri yang dikemukakan CEO Bosowa Group Erwin Aksa. "Sebagian produksi akan diserap di dalam negeri," katanya, Senin (10/11/2014).

Menurut dia, total produksi semen pada tahun depan bisa mencapai 70 juta ton dengan realisasi penyerapan domestik 65 juta ton. Apabila berbagai proyek infrastruktur yang digarap pemerintah dan swasta berjalan lancar, penyerapannya bisa mencapai 67 juta ton.

Prognosis ini menunjukkan optimisme produsen semen terhadap pertumbuhan infrastruktur di Tanah Air karena volume yang disebutkan melebihi perkiraan tahun ini. Adapun proyeksi terhadap pasar semen sepanjang tahun ini di level 60 juta ton.

Sekalipun ada peninjauan ulang terhadap program Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), pertumbuhan permintaan semen domestik diyakini tidak akan terhambat.. "Sekarang konsumsi di dalam negeri memang bagus," ucap Erwin.

Penyerapan semen di dalam negeri terpengaruh perkembangan daya beli masyarakat. Hal ini berkorelasi positif terhadap kebutuhan infrastruktur baik yang bersifat pekerjaan umum maupun perumahan.

Kini semua tergantung keseriusan Kabinet Kerja mendorong peningkatan pembangunan infrastruktur. Pada sisi lain juga terkait dengan dukungan perbankan melalui kemudahan kredit perumahan.

Proyeksi Kementerian Perindustrian yang diolah Asosiasi Semen Indonesia (ASI) menunjukkan kepercayaan diri atas perkembangan kapasitas terpasang produksi semen domestik. Pada tahun ini diprediksi bakal mencapai 74,1 juta ton lalu naik jadi 75,5 juta ton pada tahun depan.

"Pasar 2015 akan bagus karena infrastruktur semakin meningkat, penyerapan bisa 65 juta ton atau 67 juta ton," ujar Erwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri semen
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top