Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buka Rute Penerbangan, Citilink Mengaku Dukung Pariwisata Palangka Raya

Maskapai penerbangan Citilink berkomitmen untuk mendukung dan memajukan pariwisata di Provinsi Kalimantan Tengah sehingga lebih dikenal di tingkat nasional maupun internasional.
Maskapai Penerbangan Citilink /Bisnis.com
Maskapai Penerbangan Citilink /Bisnis.com

Bisnis.com, PALANGKA RAYA - Maskapai penerbangan Citilink berkomitmen untuk mendukung dan memajukan pariwisata di Provinsi Kalimantan Tengah sehingga lebih dikenal di tingkat nasional maupun internasional.

Direktur dan CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan dukungan tersebut dimulai dengan membuka rute penerbangan Palangka Raya-Surabaya dengan tarif relatif murah.

Sebenarnya minat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke antar provinsi di seluruh Indonesia, sangat tinggi. Namun, besarnya dana yang harus disiapkan untuk transportasi menghambat niat tersebut.

"Citilink hadir untuk menjawab itu," tambah Arif di Palangka Raya, Jumat (7/11/2014) didampingi Wakil Direktur Bidang Komunikasi Citilink, Beni S Butar Butar.

Berdasarkan data BPS Semester I 2014, laju pertumbuhan ekonomi kumulatif (yoy) Provinsi kalteng merupakan terting di Kalimantan mencapai 5,79%, bahkan sektor pariwisata disokong industri hotel dan restoran juga mencatat pertumbuhan hingga 7,3%.

Arif mengatakan data tersebut memacu Citilink untuk membangun konektivitas antara kota-kota di Indonesia dan juga menjawab animo masyarakat akan penerbangan murah.

Adanya rute penerbangan Palangka Raya-Surabaya dapat dimanfaatkan masyarakat yang akan berwisata ataupun berbisnis dari dan ke Kalimantan Tengah. Citilink akan memberikan pelayanan yang lebih optimal, kata dia.

CEO Citilink ini mengatakan tidak menutup kemungkinan kedepan akan ditingkatkan frekuensi penerbangan dari dan ke Palangka Raya seiring adanya peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat Kalteng.

Sejak memperoleh Air Operation Certificate (AOC) tahun 2012 Citilink terus mengembangkan diri dengan semula sembilan pesawat menjadi 23 pesawat pada 2013 dan 32 pesawat di akhir 2014.

Jumlah penumpang yang diterbangi juga terus bertambah dari 2,9 juta penumpang pada 2012, melonjak pada 2013 menjadi 5,2 juta penumpang dan menargetkan 8,2 juta penumpang di akhir tahun 2014. Peningkatan jumlah itu banyak ditopang oleh penggunaan armada pesawat yang baru dari jenis Airbus A320.

Dari segi frekuensi penerbangan Citilink saat ini mampu menyediakan 174 penerbangan per hari dari 24 kota, termasuk Palangkaraya saat ini. Pembukaan rute-rute baru dan peningkatan frekuensi akan semakin banyak dilakukan di tahun depan seiring dengan penambahan armada pesawat Citilink, kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper