Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Siapkan Desain Cetak Sawah 100.000 Hektare

Kementerian Pertanian akan melakukan survei investigasi desain (SID) atau konsep pra cetak sawah seluas 100.000 ha pada tahun depan.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian akan melakukan survei investigasi desain (SID) atau konsep pra cetak sawah seluas 100.000 ha pada tahun depan.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Sumardjo Gatot Irianto mengatakan survei tersebut dapat menggambarkan konsep cetak sawah nantinya, mulai dari desain, kelayakan lahan sampai sumber air sawah tersebut secara rinci.

“Setelah melalui SID, dicetak sawahnya. Kalau tidak sesuai, akan dicari ke tempat lain yang sesuai,” katanya, (3/11/2014).

Dia mengatakan SID akan dilakukan di luar pulau Jawa, seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Maluku.

Menurut Direktur MB-IPB Arief Daryanto pemerintah harus memperhatikan seluruh aspek secara holistik dalam pembangunan jaringan irigasi dan perluasan lahan tersebut.

Dia mengatakan kedua program tersebut dapat dikaitkan dengan ketersediaan lahan yang kaitannya dalam reformasi agraria, peningkatan produktivitas hingga infrastruktur yang menunjang penggenjotan produktivitas itu.

“Harus multi goal, sehingga tidak hanya cetak sawah saja tapi harus terintegrasi dengan seluruh aspek. Ini harus sinergis juga dengan Kementerian PU, Kementerian Pertanian dan Agraria,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper