Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKASA PURA I Dirikan Republik di Sepinggan

Angkasa Pura Retail, anak usaha baru PT Angkasa Pura I (Persero), akan membuka gerai makanan dan minuman berupa coffee corner yang diberi nama Republik.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Angkasa Pura Retail, anak usaha paling gres PT Angkasa Pura I (Persero), akan membuka gerai makanan dan minuman berupa coffee corner yang diberi nama Republik.

Menurut keterangan pers yang diterima Bisnis, Rabu (22/10/2014), gerai ritel akan dibuka dalam waktu dekat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan.

“Angkasa Pura Retail bergerak di bidang usaha penjualan dan pemasaran, dengan usaha penjualan berbentuk duty free, duty paid, food and beverage [F&B],” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Retail Teges Prita Soraya.

Menurutnya, perusahaan juga melayani jasa pemasaran berupa komunikasi pemasaran, desain grafis, media placement and buying, dan event activation.

Angkasa Pura Retail merupakan anak perusahaan yang didirikan September 2014 dengan modal awal Rp50 miliar.

Komposisi saham dimiliki oleh AP I dan Angkasa Pura Hotel. Saat ini, Komisaris Utama Angkasa Pura Retail dipegang oleh Polana B. Pramesti, Direktur Teknik AP I.

Pendirian anak usaha ini adalah untuk memperkokoh struktur bisnis PT AP I yang tengah meningkatkan pendapatan non-aeronautical.

“Kami ingin membawa Angkasa Pura Retail menjadi perusahaan travel retail Indonesia dengan pengakuan regional yang memberikan kualitas tertinggi untuk partner kerja dan pelanggan,” tambah Tommy Soetomo, Direktur Utama AP I.

Sasarannya, kata Tommy, adalah meningkatkan Tingkat Kepuasan Pelanggan/Customer Satisfaction Index (CSI) dari para pengunjung bandara.

Perseroan menargetkan untuk mengelola 15% atau sekitar 10.000 m2 area komersial bandara di bawah pengelolaan AP I melalui berbagai macam diversifikasi usaha, serta memiliki brand yang mandiri dalam kurun dua tahun.

Tommy meyakini dengan membuat Angkasa Pura Retail menjadi perusahaan travel retail terbesar di Indonesia, dampaknya berupak kontribusi signifikan ke induk usaha.

Saat ini telah ada sekitar 25 partnership brand yang akan ikut ambil bagian dalam rencana bisnis Angkasa Pura Retail, a.l. Wakai, Timberland, Rimowa, Red&White Wine Spirits, South Dakota, Richfield, National Geographic Store, Levi’s, Tulisan, dan Nescafe Dolce Guto.

Selain menggandeng merek ternama sebagai rekan bisnis, Angkasa Pura Retail juga sedang mengembangkan 11 original in-house brand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper