Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang Masuk Industri Jet Komersial, Hari Ini Luncurkan Pesawat untuk Pertama Kalinya

Jepang akhirnya meluncurkan pesawat jet penumpang pertamanya pada hari ini (18/10/2014) setelah tertunda hampir empat tahun. Adapun, tes penerbangan akan dilakukan tahun depan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, TOKYO - Jepang akhirnya meluncurkan pesawat jet penumpang pertamanya pada hari ini (18/10/2014) setelah tertunda hampir empat tahun. Adapun, tes penerbangan akan dilakukan tahun depan.

Disaksikan sekitar 500 orang, termasuk Presiden ANA Holdings Inc dan Trans State Airlines, serta para pejabat pemerintah, Mitsubishi Aircraft Corp. memperkenalkan jet barunya di Bandara Nagoya.

“Hal ini akan menjadi batu loncatan besar untuk industri penerbangan Jepang,” ujar Wakil Menteri Transportasi Jepang Akihiro Nishimura dalam acara tersebut seperti dikutp Bloomberg, Sabtu (18/10/2014).

Mitsubishi membuat versi 78 kursi dan 92 kursi penumpang. Adapun biaya pengembangannya mencapai 180 miliar yen atau setara dengan US$1,7 miliar. Rencananya penerbangan perdana akan dilakukan Juni tahun depan.

Presiden ANA Shinichiro Ito mengatakan pencapaian tersebut merupakan buah dari kerja keras selama ini. Pihaknya berharap bisa ikut meramaikan belantika penerbangan dunia pada 2017 mendatang.

Dengan proyek penerbangan China yang tertunda, kini Jepang memimpin Asia dalam pertarungan pesawat jet komersial dunia. Mitsubishi Pratt & Whitney Turbofan bermesin MRJ tersebut akan diuji apakah bisa mendobrak kedigdayaan pemain lama seperti Boeing Co. dan Airbus Group NV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lucky Leonard
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper