Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengembangan Bandara Husein Bukan Persaingan Dengan Kertajati

Angkasa Pura II mencanangkan memperluas Bandara Husein Sastranegara di Jawa Barat senilai Rp140 miliar. Menolak disebut bersaing dengan Bandara Kertajati.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 29 September 2014  |  19:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Angkasa Pura II mencanangkan memperluas Bandara Husein Sastranegara di Jawa Barat senilai Rp140 miliar. Menolak disebut bersaing dengan Bandara Kertajati.  

"Pengembangan [bandara] Husein Sastranegara bukan untuk antisipasi molornya [Bandara] Kertajati, namun untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa," jelas Achmad Syahir,  Kepala Humas PT Angkasa Pura (AP) II di Jakarta, Senin (29/9/2014).

Menurutnya saat ini kapasitas Bandara Husein hanya didesain untuk menampung 750.000 pergerakan, padahal realitas hari ini bandara ini harus menampung 2,3 juta pergerakan.

Untuk itu perluasan yang ditargetkan rampung dalam 12 bulan ini akan memberikan kenyamanan bagi para pengguna layanan AP II. Perluasan ini ini akan menambah areal bandara dari saat ini 5.000 meter persegi menjadi 17.000 meter persegi.

Pencanangan pembangunan dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan pada Senin (29/9) dan diharapkan selesai bertepatan dengan ulang tahun kota Bandung 25 September 2015.

MASIH NEGOSIASI
Sementara bergabungnya AP II di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati menurut  Syahir masih terus dirundingkan. "Itu proyek pemda, dan kita sudah bertemu beberapa kali diskusi serius untuk mengajak kita bergabung," jelasnya.

Akan tetapi karena belum ada kata sepakat, maka untuk memenuhi kenyamanan penumpang maka AP II menambah kapasistas Bandara Husein yang sudah dikelola oleh AP II.

Syahir juga menolak menjelaskan nasib Bandara Husein jika BIJB beropersi seperti yang diminta oleh Gubenur Jawa Barat pada akhir 2017 mendatang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara husein sastranegara
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top