Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MASKAPAI SUSI AIR Hentikan Penerbangan ke Muara Teweh

Maskapai penerbangan Susi Air menghentikan sementara rute reguler non subsidi dari dan ke Bandara Beringin Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.
Cessna Grand Caravan Executive. /susi air
Cessna Grand Caravan Executive. /susi air

Bisnis.com, MUARA TEWEH - Maskapai penerbangan Susi Air menghentikan sementara rute reguler non subsidi dari dan ke Bandara Beringin Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

"Mulai hari ini penerbangan Susi Air dari dan ke Muara Teweh dihentikan sementara hingga Oktober 2014 nanti," kata seorang petugas Bandara Beringin Muara Teweh, Sidik di Muara Teweh, Rabu (17/9/2014).

Menurut Sidik, penerbangan Susi Air non subsidi ini melayani rute Muara Teweh - Balikpapan, Kalimantan Timur dan Muara Teweh - Banjarmasin, Kalimantan Selatan pulang pergi setiap hari.

Penerbangan Susi Air setiap hari rute Muara Teweh ke Bandara Sepinggan Balikpapan dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini mengunakan pesawat jenis Cessna berpenumpang 12 orang dengan harga tiket relatif mahal sekitar Rp1,5 juta per orang.

"Meski mahal namun hampir setiap hari selalu penuh penumpangnya, baik yang datang maupun berangkat," katanya.

Dia mengatakan dihentikannya penerbangan itu karena manajemen Susi Air sedang melayani penerbangan dengan sistem subsidi dari pemerintah pusat ke sejumlah kota di Kalteng tahun 2014 di antaranya Muara Teweh - Palangka Raya dengan frekuensi 3 kali sepekan, yakni setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan harga tiket dewasa Rp273.300 dan bayi (infant) Rp32.730.

Maskapai itu juga melayani rute ke kota lain seperti Pangkalan Bun, Kuala Pembuang dan Puruk Cahu serta kota lainnya. "Mereka (Susi Air) menghentikan penerbangan itu karena menutupi kekurangan jam terbang rute subsidi ke daerah lain di Kalteng, Jadi untuk penerbangan subsidi tetap operasional," ujarnya.

Sementara seorang warga Muara Teweh, Agus Sidik menyayangkan dihentikannya sementara penerbangan non subdisi dari dan ke Muara Teweh.

Padahal, penerbangan Susi Air ke daerah ini sangat membantu warga karena selama ini transportasi udara merupakan jasa angkutan alternatif yang cepat, terutama di Kabupaten Barito Utara yang letaknya di pedalaman Kalteng.

"Kalau kita menggunakan angkutan darat, jarak tempuh ke Banjarmasin paling cepat 9 jam, sedangkan Palangka Raya sekitar 7 jam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper