Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurangi Ketergantungan Jalan Dengan Transportasi Air

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap jalan. Pemerintah harus mulai mengalihkan angkutan darat ke angkutan laut.

Bisnis.com,Jakarta -- Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap jalan. Pemerintah harus mulai mengalihkan angkutan darat ke angkutan laut.

Untuk mendorong angkutan laut, sungai dan air berkembang pemerintah harus mendukung melalui insentif kepada industri galangan kapal.“Pemberian insentif seperti berbagai fiskal harus diberikan untuk memajukan industri maritim kita,”tuturnya Rabu (10/9/2014).
 
Adapun jumlah kapal dengan jumlah galangan kapal di Indonesia saat ini belum berimbang, jumlah galangan kapal saat ini masih kurang. Sehingga untuk mendorong pengembangan industri maritim atau perkapalan pemerintah harus memberikan berbagai insentif.
 
Jika insentif diberikan otomatis industri perkapalan akan berkembang begitu juga dengan angkutan air, laut dan sungai yang sama-sama berkembang seiring dengan perkembangan industri perkapalannya.
 
Menurut Bambang berbicara mengenai transportasi air,laut atau sungai tidak hanya bicara satu moda. Namun multi moda karena aspek konektifitas di dalam pulau dan antar pulau selalu berkaitan dengan aspek laut dan sungai serta darat bahkan kereta api.
 
Sehingga pengembangan tersebut tidak hanya satu moda saja, tapi semuanya atau multimoda yang akan saling mendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper