Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kurangi Ketergantungan Jalan Dengan Transportasi Air

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap jalan. Pemerintah harus mulai mengalihkan angkutan darat ke angkutan laut.
Fitri Rachmawati
Fitri Rachmawati - Bisnis.com 11 September 2014  |  04:55 WIB

Bisnis.com,Jakarta -- Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap jalan. Pemerintah harus mulai mengalihkan angkutan darat ke angkutan laut.

Untuk mendorong angkutan laut, sungai dan air berkembang pemerintah harus mendukung melalui insentif kepada industri galangan kapal.“Pemberian insentif seperti berbagai fiskal harus diberikan untuk memajukan industri maritim kita,”tuturnya Rabu (10/9/2014).
 
Adapun jumlah kapal dengan jumlah galangan kapal di Indonesia saat ini belum berimbang, jumlah galangan kapal saat ini masih kurang. Sehingga untuk mendorong pengembangan industri maritim atau perkapalan pemerintah harus memberikan berbagai insentif.
 
Jika insentif diberikan otomatis industri perkapalan akan berkembang begitu juga dengan angkutan air, laut dan sungai yang sama-sama berkembang seiring dengan perkembangan industri perkapalannya.
 
Menurut Bambang berbicara mengenai transportasi air,laut atau sungai tidak hanya bicara satu moda. Namun multi moda karena aspek konektifitas di dalam pulau dan antar pulau selalu berkaitan dengan aspek laut dan sungai serta darat bahkan kereta api.
 
Sehingga pengembangan tersebut tidak hanya satu moda saja, tapi semuanya atau multimoda yang akan saling mendukung.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi laut
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top