Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASOSIASI LOGISTIK: Tol Laut Akan Tekan Biaya Logistik Tidak Masuk Akal

Asosiasi Logistik Indonesia menilai implementasi wacana tol laut dengan pendekatan pendulum nusantara tidak akan mengurangi biaya logistik Indonesia yang tergolong masih tinggi.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik Indonesia menilai implementasi wacana tol laut dengan pendekatan pendulum nusantara tidak akan mengurangi biaya logistik Indonesia yang tergolong masih tinggi.  
 
Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI),  Zaldy Masita mengatakan salah satu cara efektif mengurangi biaya logistik adalah relokasi industri ke kawasan timur Indonesia.

“Tidak masuk akal tol laut akan mengurangi biaya logistik sampai 10% dari PDB,” katanya Kamis (4/9).

Dia mengemukakan untuk menurunkan biaya logistik di negara-negara maju sebesar 1% saja sangat sulit dilakukan.

Ketua Lembaga Pengkajian Penelitian dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kadin Indonesia, Ina Primiana menilai tingginya biaya logistik di Tanah Air yang mencapai 26% dari PDB disebabkan oleh mata rantai distribusi dan inefisiensi sehingga menyebabkan disparitas harga bisa mencapai 80%.

"Itu terjadi karena buruknya infrastruktur konektivitas. Fasilitas pelabuhan kita sudah jauh tertinggal. Kedalaman kolam pelabuhan di Indonesia 6-12 meter. Sedangkan Singapura, Malaysia atau Hongkong memiliki kedalaman kolam sampai 16 meter".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper