Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peduli Koperasi dan UMKM, Bupati Batang Terima Pin Emas

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo berupa pin emas karena berhasil memajukan Koperasi dan UMKM di wilayah ini.
 Logo Koperasi Indonesia /Bisnis.com
Logo Koperasi Indonesia /Bisnis.com

Bisnis.com, BATANG, Jawa Tengah— Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo berupa pin emas karena berhasil memajukan Koperasi dan UMKM di wilayah ini.

Penghargaan itu diberikan sejalan dengan upaya Bupati Batang mewujudkan visi ekonomi bangkit melalui program dalam pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah).

Dalam kepemimpinannya, Yoyok memiliki terobosan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk memberikan dana pendamping dalam permodalan melalui CSR yang belum tergali oleh daerah dan perbankan.

Di samping itu, pemerintah terus memberikan pelatihan bagi pelaku usaha dan masyarakat, serta mencarikan pasar untuk menjual produknya.

Pemkab Batang juga memberikan pendampingan serta pelatihan dalam pengembangan Koperasi dan UMKM, salah satunya melalui instansi perijinan (BPMPT) yang tidak memberikan izin usaha pendirian mall, serta tidak mengizinkan penambahan minimarket modern  baru selama pasar – pasar tradisional belum dibangun dan  dikembangkan, karena Bupati menginginkan pengembangkan ekonomi modern berbasis kerakyatan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser menjelaskan penghargaan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Alun – alun  Wonosobo, Rabu (27/8/14), bertepatan dengan Peringatan Hari Koperasi Tahun 2014.

“Ditetapkannya Bupati Batang sebagai peraih penghargaan sudah melalui proses dan tahapan penilaian oleh tim penyelenggara dari Provinsi Jawa Tengah,” papar dia, Rabu.

Jamal menerangkan penilaian dilakukan terkait kebijakan Bupati yang pro terhadap keberadaan UMKM di Kabupaten Batang untuk kemajuan UMKM yang akan mendorong tumbuh kembangnya perekonomian kerakyatan.

Untuk menjadi yang terbaik Bupati Batang harus bersaing dengan enam kabupaten lain, yakni Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, Magelang, Brebes, Pekalongan dan Kebumen. Setelah melalui penilaian, akhirnya terpilih tiga bupati yang mendapatkan penghargaan utama berupa  Pin Emas dan Piagam dari Gubernur Jawa Tengah, yakni Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, Bupati Banyumas Ahmad Husein, dan Bupati Brebes Idza Priyanti.

Proses penilaian dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, penilaian borang, yang dilakukan terhadap borang yang dikumpulkan kabupaten/kota meliputi aspek penumbuhan iklim usaha, aspek implementasi pengembangan  usaha, aspek pembiayaan dan penjaminan, kemitraan sertaa aspek koordinasi dan pengendalian.

Tahap kedua, penilaian visitasi yang bertujuan untuk melakukan konfirmasi borang yang dikumpulkan kabupaten, dan tahap ke tiga penilaian paparan Bupati terkait dengan visi-misi pengembangan koperasi dan UMKM. 

Usai menerima penghargaan Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan dirinya sangat mengharapkan penghargaan ini dapat memacu semua SKPD untuk bersama fokus menyatukan visi dan misi dengan pola terpadu guna mengembangkan koperasi dan UMKM yang ada di Kabupaten Batang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper