Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 RUAS TOL DALAM KOTA : Jakarta Tollroad Tetap Bangun Secara Bertahap

PT Jakarta Tollroad Development (JTD) selaku pemegang konsensi 6 ruas tol dalam kota Jakarta belum akan mengubah rencana untuk membangun tol dalam kota dalam sekaligus.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 22 Agustus 2014  |  02:30 WIB
tol dalam kota  -  bisnis.com
tol dalam kota - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jakarta Tollroad Development (JTD) selaku pemegang konsensi 6 ruas tol dalam kota Jakarta belum akan mengubah rencana untuk membangun tol dalam kota dalam sekaligus.

Kendala pembebasan tanah, kepadatan kota serta kesanggupan kontraktor menyediakan beton pracetak dalam jumlah besar menjadi tantangan yang dipertimbangkan oleh JTD untuk memenuhi permintaan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama agar pembangunan tol ini dapat dibangun sekaligus 6 ruas dan rampung pada 2018. 


Pihak JTD tetap akan membangun jalan tol ini ruas demi ruas seperti yang tertuang dalam perjanjian dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Namun usulan Wakil Gubernur DKI tetap menjadi pertimbangan.

"Kita sedang simulasi pembangunan [6 ruas tol] sekaligus," kata Putu Ngurah Wirawan, Kepala Divisi Komunikasi JTD kepada Bisnis.com, Kamis (21/8).

Dia mengemukakan jika pembangunan dilakukan sekaligus maka akan menambah kemacetan di dalam kota Jakarta karena di saat yang bersamaan juga sedang dilakukan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dari Utara hingga Selatan Jakarta.

Selain itu juga diperhitungkan jika pemerintah memberi izin berlanjutnya proyek transportasi monorel di tengah kota.

"Kampung Melayu-Tanah Abang - yang konstruksinya juga melayang dan panjangnya hanya 5 kilometer - perlu waktu 2 tahun," katanya membandingkan dengan 6 ruas tol yang akan dibangun melayang sepanjang 69,77 kilometer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

6 ruas tol dalam kota
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top