Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WISATA BAWAH LAUT: Festival Teluk Tomini Diandalkan Dongkrak Potensi

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo berharap pergelaran Festival Teluk Tomini 10-13 September 2014 dapat memperkenalkan potensi wisata bawah laut Indonesia kepada wisatawan lokal maupun luar negeri.n
Teluk Tomini/tominidivingcenter.com
Teluk Tomini/tominidivingcenter.com

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo berharap pergelaran Festival Teluk Tomini 10-13 September 2014 dapat memperkenalkan potensi wisata bawah laut Indonesia kepada wisatawan lokal maupun luar negeri.

Selain itu, acara tersebut diharapkan dapat menciptakan peluang investasi yang kondusif di berbagai sektor, khususnya kelautan dan perikanan.

Menurutnya, Teluk Tomini memiliki potensi pengembangan sektor kemaritiman yang sangat besar. 

“Melalui Festival Teluk Tomini, diharapkan membuka keran investasi khususnya di sektor kelautan dan perikanan yang bernafaskan konsep blue economy. Sehingga menciptakan produksi komoditas kelautan dan perikanan berkualitas serta berkelanjutan," kata Cicip saat melakukan launching Festival Teluk Tomini 2014 di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, (13/8/2014).

Cicip menjelaskan, Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di Indonesia yang terletak di Sulawesi Tengah dengan luas kurang lebih 6 juta hektar serta sumber daya alam yang beragam.

Adapun,  Teluk Tomini memiliki luas terumbu karang sebesar  1.031 Ha dan luas hutan Mangrove 785.10 Ha.

Di daerah itu juga terdapat Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan spesies endemik seperti Tuna Sirip Kuning, Anoa, Babi Rusa, Maleo dan spesies lain yang belum teridentifikasi.

Ekosistem Teluk Tomini merupakan satu di antara 26 kawasan andalan laut nasional. 

Dengan dijadikannya Teluk Tomini sebagai destinasi wisata bahari, pemerintah dan masyarakat setempat perlu menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan yang menjadi daya tarik, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang,” tutur Cicip.

Festival Teluk Tomini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Nusantara 2014, yang berkaitan dengan bidang kelautan dan pengembangan wisata bahari. Acara puncak akan dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru Provinsi Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper