Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ARUS BALIK LEBARAN: Pelabuhan Bakauheni Mulai Normal

Antrean kendaraan, baik bus, truk, minibus, maupun sepeda motor di Pelabuhan Bakauheni Lampung tidak terlihat lagi hari ini, Senin (4/8/2014), sekitar pukul 05.30 WIB karena semuanya telah terangkut kapal feri menuju Pelabuhan Merak, Banten.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 04 Agustus 2014  |  07:00 WIB

Bisnis.com, BAKAUHENI - Antrean kendaraan, baik bus, truk, minibus, maupun sepeda motor di Pelabuhan Bakauheni Lampung tidak terlihat lagi hari ini, Senin (4/8/2014), sekitar pukul 05.30 WIB karena semuanya telah terangkut kapal feri menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Pemantauan di lokasi menunjukkan, sekitar pukul 05.40 WIB, KM Nusa Jaya Jakarta menutup pintu masuk kendaraan di Dermaga I, setelah sekitar 5 menit tidak ada lagi kendaraan dan penumpang yang akan naik, meski tempat masih tersedia cukup untuk beberapa kendaraan.

Sementara itu di Dermaga II, KM Titian Nusantara juga menyelesaikan kegiatan mengangkut kendaraan beberapa minibus, bus, dan terlihat ada lima truk jenis fuso bak terbuka ukuran panjang, tetapi dalam keadaan kosong muatan.

"Angkutan lancar, sekarang kendaraan di parkiran kosong," ujar seorang petugas memasukkan kendaraan ke Kapal Feri Nusa Jaya yang berseragam serba coklat dan lengkap dengan alat komunikasi itu.

Sementara sejumlah lajur tempat parkir kendaraan menuju masuk ke kapal, baik lajur sepeda motor, bus, truk, dan minibus yang tersedia di Dermaga I dan II sempat kosong menjelang pukul 06.00 WIB.

Namun dalam waktu tidak terlalu lama mulai berdatangan lagi beberapa kendaraan niaga, baik truk jenis colt diesel, minibus dan beberapa bus penuh penumpang dari arah Kota Bandarlampung memasuki areal parkir untuk menunggu naik kapal berikutnya.

Kendaraan niaga yang berdatangan itu umumnya penuh dengan muatan sembako dan buah-buahan, seperti kelapa, sayuran, dan buah pisang mentah.

Pemandangan itu sangat jauh berbeda dengan kondisi di tempat yang sama pada Minggu (3/8) malam menjelang pukul 20.00 WIB, dan pada Senin dini hari sekitar pukul 02.00 WIB yang masih ada tiga jalur parkir yang terisi antrean minibus, truk, dan bus yang mengisi seperempat hingga setengah areal parkir.

Para petugas piket di Pelabuhan Bakauheni mengatakan, meski sudah terjadi penurunan jumlah penumpang dan kendaraan ke arah normal pada Senin pagi, namun pelayanan dan antisipasi masih terus dilakukan, setidaknya dalam 2 hari ke depan.

"Pelayanan dan antisipasi masih terus dilakukan, penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang ke Jawa kemungkinan masih akan ramai datang secara tiba-tiba, karena maski para pegawai atau pekerja sudah mulai masuk kerja Senin ini tetapi anak sekolah ada yang baru masuk Rabu," kata petugas ASDP Bakauheni itu.

Cuaca di areal Pelabuhan Bakauheni dalam kondisi mendung tipis setelah 3 jam sebelumnya sempat gerimis, dan di Dermaga I merapat KM Windu Karsa Pratama Jakarta pada sekitar pukul 06.00 WIB, dilanjutkan kegiatan menurunkan dan menaikkan kendaraan dan penumpang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Arus Balik

Sumber : Antara

Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top