Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL DALAM KOTA: 2 Ruas Bisa Berperasi Pada 2017

PT Jakarta Tollroad Development (JTD) menargetkan pada semester pertama 2015 konstruksi dua dari enam ruas jalan tol dalam kota dapat dimulai pembangunan fisiknya. Sehingga pada 2017 jalan tol ini sudah dapat berfungsi.
Tol dalam kota / bisnis.com
Tol dalam kota / bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jakarta Tollroad Development (JTD) menargetkan pada semester pertama 2015 konstruksi dua dari enam ruas jalan tol dalam kota dapat dimulai pembangunan fisiknya. Sehingga pada 2017 jalan tol ini sudah dapat berfungsi.

"Besok [hari ini] kita tandatangan PPJT," jelas Head of Corporate CommunicationPT JTD Ngurah Wirawan, di Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Setelah penandatanganan ini maka JTD mempunyai waktu 9 bulan untuk menyiapkan pembiayaan. "Sejauh ini diskusi pembiayaan masih dengan Bank Mandiri dan DKI," tambahnya.

Proyek enam ruas tol ini direncanakan dibangun bertahap dengan total investasi Rp 42 triliun. Pada tahap pertama, akan dibangun ruas tol Semanan-Sunter sepanjang 20,23 kilometer (km) dan Sunter-Pulogebang (9,44 km).

Pembangunan akan dilanjutkan untuk ruasDuri Pulo-Kampung Melayu (11,38 km), Ulujami-Tanah Abang (8,7 Km), Kemayoran-Kampung Melayu (9,6 Km) dan Pasar Minggu-Casablanca (9,15 km) Sedangkan pihaknya memperkirakan seluruh ruas tol baru akan beroperasi pada 2022.

JTD sendiri dari para pemegang saham telah menyiapkan equitas sebesar Rp800 milyar, dan dana ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan proyek.

Ngurah juga berharap dengan dimulainya pembangunan jalan tol dalam kota seiring dengan di tandatanganinya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) maka masyarakat yang tanahnya terkena dampak berupa pembebasan lahan diharapkan dapat mendukung dan merelakan tanahnya.

"Walau tolnya melayang diatas jalan yang ada, namun tetap ada pembebasan pada akses serta simpang susun," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper