Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Outstanding Pembiayaan PNM Medan Naik 18,4%

Posisi outstanding pembiayaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) Cabang Medan per Juni 2014 tercatat sebesar Rp274,6 miliar atau tumbuh 18,4% dibandingkan dengan pencapaian Juni 2013 yang sebesar Rp231,9 miliar.

Bisnis.com, MEDAN—Posisi outstanding pembiayaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) Cabang Medan per Juni 2014 tercatat sebesar Rp274,6 miliar atau tumbuh 18,4% dibandingkan dengan pencapaian Juni 2013 yang sebesar Rp231,9 miliar.

Performa positif pembiayaan PNM Cabang Medan diikuti dengan peningkatan 29% jumlah pelaku UMKM yang memanfaatkan pembiayaan ULaMM, dari 5.866 nasabah pada Juni 2013 menjadi 7.573 nasabah per Juni 2014.

Pemimpin PNM Cabang Medan Andi Estetiono menjelaskan perekonomian Medan mengalami pertumbuhan signifikan setiap tahunnya, yang antara lain ditunjang oleh geliat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Beberapa sektor usaha produktif yang menyumbang signifikan perekonomian lokal antara lain perindustrian, pertanian, dan perdagangan, yang mayoritas diisi oleh pelaku UMKM.

“Dengan demikian jika kita ingin membangun perekonomian lokal, maka yang utama harus dikembangkan adalah para pelaku UMKM-nya,” ujarnya dalam keterangan resmi Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) di Medan, Sabtu (5/7/2014).

Atas dasar hal tersebut, PNM semakin agresif dalam menjalankan fungsinya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pemberdaya UMKM, dengan kembali menyelenggarakan  kegiatan pelatihan  dan pendampingan usaha di Medan, Sumatera Utara.

Untuk itu, lanjut Andi, PNM selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diamanatkan untuk memberdayakan UMKM secara agresi memberikan dukungan usaha berupa jasa finansial dan jasa manajemen.

Jasa finansial diberikan kepada UMKM berupa fasilitas pembiayaan dari Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), sedangkan jasa manajemen berupa pelatihan dan pendampingan usaha.

“Karenanya kami tak bosan-bosan untuk kembali mengadakan pelatihan dan pendampingan usaha bagi nasabah-nasabah ULaMM di wilayah Medan dan sekitarnya agar berdaya saing dan berkontribusi lebih besar terhadap pembangunan ekonomi local,” tuturnya.

Dalam pelatihan PKU kali ini, PNM mengangkat tema “Semangat Wirausaha 2014”, dengan jumlah peserta mencapai 75 nasabah ULaMM di Klaster Brastagi. Pemateri sekaligus motivator pada hari ini adalah Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Buchori, yang juga Ketua Student Entrepreneur Centre (SEC) USU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Giras Pasopati
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper