Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Pangan Nusa Dihelat di Purwokerto

nn“PPN dan PPDNR masing-masing akan diisi oleh 50 stan yang terdiri dari 25 stan untuk 11 provinsi dan 25 stan untuk tuan rumah yaitu Kabupaten Banyumas dan sekitarnya,” jelas Dirjen Srie.nn nnSebagai kegiatan pendukung selama kedua pameran tersebut berlangsung, diadakan Lomba Masak Makanan Minuman Khas Daerah yang bertujuan mengembangkan potensi daerah, khususnya keanekaragaman cita rasa nusantara serta mendorong pengembangan produk kuliner nasional.nn nnLomba ini diikuti oleh Tim Penggerak PKK Provinsi di Jawa Tengah dan beberapa daerah peserta pameran dengan total peserta sebanyak 23 tim.nn nnPada kesempatan tersebut, Wamendag juga menyerahkan secara simbolis bantuan sarana usaha berupa 50 unit gerobak dan 100 unit tenda kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas.nn nnBantuan juga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Magelang, Demak, Cilacap, dan Kebumen yang masing-masing berupa 40 unit gerobak dan 100 unit tenda guna diserahkan kepada para pedagang kaki lima (PKL) di wilayah masing-masing.nn nn“Program fasilitasi sarana usaha ini merupakan salah satu kegiatan Kemendag yang langsung menyentuh pada kebutuhan UKM dan PKL, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan penghasilan bagi UKM itu sendiri,” tegas Wamendag.nn nnPelaksanaan PPN dan PPDNR 2014 di Purwokerto ini merupakan yang ke-2 kalinya di tahun ini. Sebelumnya, pameran ini dilaksanakan di Bandar Lampung pada 2-5 Mei 2014 dan selanjutnya akan dilaksanakan Malang Jawa Timur pada 19-22 Juni 2014. Sebagai puncak acara, akan dilaksanakan PPN dan PPDN Nasional pada 29 Agustus-1 September 2014 di Lapangan Monas, Jakarta.
Aneka sayuran. Pameran Pangan Nusa dihelat di Purwokerto/Bisnis
Aneka sayuran. Pameran Pangan Nusa dihelat di Purwokerto/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA --Setelah Bandar Lampung menjadi lokasi pertama Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional (PPDNR) 2014, kali ini Kementerian Perdagangan menyelenggarakan PPN dan PPDNR 2014 di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Kegiatan itu merupakan bukti komitmen dan keseriusan pemerintah dalam mempromosikan produk usaha kecil menengah (UKM) dan memperkenalkan potensi kuliner unggulan, serta meningkatkan penggunaan produk potensial dalam negeri yang berkualitas dan berdaya saing.

 “Purwokerto menjadi lokasi ke-2 pelaksanaan PPN dan PPDNR pada tahun ini karena potensi kreasi pangan olahan dan kerajinan khas Banyumas beraneka ragam,” ujar Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, dalam acara pembukaan PPN dan PPDNR di Alun-Alun Purwokerto, Jumat (23/5/2014).

Pameran ini menghadirkan stan tematik yang bertujuan untuk lebih mengangkat kekhasan pangan asal Banyumas dan sekitarnya, serta produk-produk kreasi anak negeri yang sudah dipasarkan baik secara lokal maupun internasional. Produk-produk tersebut, antara lain sepatu Adidas, sepeda Polygon, radio Kayu Magno, ban Achilles, gitar listrik Rick Hanes, dan cerutu Senator.

“Kita semua pasti mengenali ikon pangan dan kuliner khas Purwokerto seperti getuk goreng, tempe mendoan, keripik tempe, soto Sokaraja, dan masih banyak lainnya. Terselenggaranya PPN dan PPDNR di Purwokerto ini diharapkan dapat terjadi ‘pertukaran’ produk dan informasi antar UKM peserta pameran dalam memperluas jaringan pemasaran di dalam negeri,” jelas Wamendag.

Pameran ini juga berfungsi sebagai ajang persaingan sehat bagi para UKM, serta sarana menjalin misi dagang lokal dalam rangka membangun konektivitas, jejaring, dan transaksi penjualan produk-produk UKM antarprovinsi.

Di samping itu, dalam rangka implementasi Permendag 70 tahun 2013 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, dilakukan juga penilaian produk UKM potensial oleh assessor/merchandiser dari beberapa ritel modern, antara lain Carrefour, Alfamart, Indomaret, Hypermart, dan Giant.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustina, menjelaskan bahwa peserta UKM yang berpartisipasi dalam pameran ini berjumlah 100 UKM, yang terdiri dari 50 UKM peserta PPN dan 50 UKM peserta PPDNR.

Pameran kali ini diikuti sebelas provinsi yang berpartisipasi sebagai peserta, yaitu Bangka Belitung, Lampung, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat, Riau, Kalimantan Tengah, Aceh, dan peserta UKM tuan rumah dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper