Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

90% Daging Ayam di Ritel Modern Diisukan Tidak Halal. Berikut Penjelasan Aprindo

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia membantah tudingan sejumlah pihak bahwa 90% pasokan daging ayam di toko modern tidak sehat dan tidak halal.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia membantah tudingan sejumlah pihak bahwa 90% pasokan daging ayam di toko modern tidak sehat dan tidak halal.

Asosiasi menyayangkan penyebaran isu miring tersebut karena telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

"Toko ritel telah melakukan seleksi ketat terhadap pemasok, mensyaratkan pemasok untuk memenuhi standar keamanan pangan, termasuk sertifikasi halal untuk produk daging unggas," kata Satria Hamid, Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Satria, yang juga Head of Corporate Affairs PT Carrefour Indonesia memastikan pemasok daging ayam yang tidak mengantongi sertifikasi halal, tidak akan bekerja sama dengan perusahaan toko modern besar.

Untuk menjamin keamanan pangan dan menjaga nilai tambah bagi konsumen, peritel juga meninjau langsung tempat-tempat pemotongan ayam untuk dicek teknik pemotongan dan apakah telah sesuai dengan sertifikat yang berlaku.

“Kami juga tindak lanjut ke lapangan, jadi bukan tanpa dasar. Kami selalu cek sertifikasi pemasoknya, cek institusi yang menerbitkan sertifikatnya, juga cek ke lapangan. Jadi bukan hanya berdasarkan omongan saja".

Selain itu, secara berkala pasokan daging ayam yang dijual di toko ritel modern diperiksa oleh tim pengawas khusus dari Dinas Peternakan. “Mereka sering uji sampel, petugas rutin memeriksa.”

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper