Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nilai Transaksi Logistik Sektor Otomotif Rp78 Triliun

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan nilai transaksi logistik dari sektor otomotif masuk lima teratas dari keseluruhan industri, hal itu seiring dengan tingkat pertumbuhan bisnis sektor tersebut.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 11 Mei 2014  |  13:21 WIB
Nilai Transaksi Logistik Sektor Otomotif  Rp78 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA - Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan nilai transaksi logistik dari sektor otomotif masuk lima teratas dari keseluruhan industri, hal itu seiring dengan tingkat pertumbuhan bisnis sektor tersebut.

"Industri otomotif masuk ke dalam subsektor Industri Peralatan, Mesin, dan Perlengkapan Transportasi dengan perkiraan biaya logistik tahun 2014 sebesar Rp 78,3 Triliun," ujarnya, Minggu (11/5/2014).

Berdasarkan data SCI, biaya logistik subsektor ini berada pada posisi kelima, di bawah keempat subsektor lainnya, yakni subsektor Perdagangan Besar dan Eceran sekitar Rp155,7 Triliun, subsektor konstruksi sekitar Rp134,1 Triliun, subsektor Industri Makanan, Minuman, dan Tembakau sekitar Rp 99,7Triliun, dan subsektor Tanaman Bahan Makanan sekitar Rp 91,9 Triliun.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Masita. Menurutnya, biaya logistik di sektor otomotif memang termasuk paling tinggi, akan tetapi banyak kendala dalam menangani permintaan layanan industri tersebut. "Saat ini kendala itu termasuk pengiriman ke pelabuhan, cukup repot dan mahal karena letaknya paling banyak di Cikarang dan Karawang, jauh dari Pelabuhan Tanjung Priok, hal ini sampai nanti adanya Pelabuhan Cilamaya," ujarnya.

Tidak hanya itu, menurut Zaldy, sektor otomotif memiliki penanganan logistik yang khusus, membutuhkan banyak kecanggihan teknologi. Karena itu, lanjutnya, tidak jarang kebanyakan industri otomotif masih mengerjakan penanganan logistik secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri logistik
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top