Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Margautama Nusantara Sediakan Layanan Traffic Information System di Makassar

PT Margautama Nusantara berencana menyediakanTraffic Information System (TIS) di beberapa titik pusat kemacetan di sekitar area tol perusahaan di Makassar yakni tol Pelabuhan Soekarno Hatta–Pettarani dan tol PT JTSE ruas Tallo–Bandara Hasanuddin.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Margautama Nusantara berencana menyediakanTraffic Information System (TIS) di beberapa titik pusat kemacetan di sekitar area tol perusahaan di Makassar yakni tol Pelabuhan Soekarno Hatta–Pettarani dan tol PT JTSE ruas Tallo–Bandara Hasanuddin.

Chief Operating Officer Margautama Nusantara (MUN) Joko Santoso mengatakan beberapa titik kemacetan tersebut di antaranya jalan Pettarani, jalan Nusantara, serta di jalan luar kota dari arah Maros.

"Untuk di jalan tol, akan dipasang CCTV dan fiber optic, sedangkan di luar jalan tol, selain dibangun TIS, juga akan dipasang CCTV di lokasi tertentu," katanya dalam siaran resmi yang diterima Bisnis.com, Kamis (8/5/2014).

Penyediaan sistem tersebut didahului dengan penandatanganan nota sesepahaman entitas anak PT Nusantara Infrastructure Tbk. itu dengan Pemerintah Kota Makassar yang telah dilaksanakan pada hari ini.

Pada kesempatan yang sama General Manager Corporate Affairs Nusantara Infrastructure Deden Rochmawaty menyampaikan perseroan ingin membantu memberikan solusi untuk mengatasi dan mengurai kemacetan lalu lintas di Makassar.

Dari analisis yang dilakukan, diperoleh bahwa saat ini, mayoritas jalan-jalan utama kota Makassar sudah menunjukkan kejenuhan dan kemacetan.

“Kami berharap TIS dapat terus dikembangkan di masa depan sehingga dapat menjangkau lokasi lokasi strategis di Makassar sebagai salah satu perwujudan konsep smart city,” jelas Deden.

Sistem TIS akan menyediakan infromasi ke pengguna jalan dalam bentuk visualisasi lalu lintas di jalan tol dan luar tol, travel time dari satu titik ke titik lain, dan video real time terintegrasi dengan CCTV.

Informasi real time ini diperoleh dari mobil patroli PT BMN-JTSE yang mengumpulkan data dengan menggunakan aplikasi smartphone di lapangan.

Info lalu lintas dan penghitungan waktu perjalanan dapat dilakukan menggunakan platform, yang kemudian terhubung dengan central control room.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper