Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pabrik Kosmetik Patungan Ajinomoto-Lautan Luas Mulai Beroperasi

Ajinomoto Co. mulai mengoperasikan pabrik barunya di Indonesia. Kali ini, pabrik barunya itu memproduksi bahan baku asam amino untuk kosmetik dan produk perawatan pribadi, seperti kosmetik, shampoo, dan sabun.Perusahaan kimia dan makanan asal Jepang itu mendirikan perusahaan patungan bersama PT Lautan Luas Tbk. (LTLS).
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 02 Mei 2014  |  16:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Ajinomoto Co. mulai mengoperasikan pabrik barunya di Indonesia. Kali ini, pabrik barunya itu memproduksi bahan baku asam amino untuk kosmetik dan produk perawatan pribadi, seperti kosmetik, shampoo, dan sabun.

Perusahaan kimia dan makanan asal Jepang itu mendirikan perusahaan patungan bersama PT Lautan Luas Tbk. (LTLS). Perusahaan tersebut bernama PT Lautan Ajinomoto Fine Ingredients (LAFI).

Berdasarkan pernyataan resmi dari Ajinomoto Group Jumat (2/5), pabrik tersebut memiliki investasi hingga US$6 juta atau setara dengan hampir Rp70 miliar.

Modal dasar dari perusahaan patungan ini mencapai US$ 3 juta, dimana Ajinomoto Co. menjadi pemegang mayoritas sekitar 66,67% dan LTLS memiliki 33,33% saham atas LAFI.

Pengoperasian pabrik baru ini akan memperbesar kemampuan pasokan bahan kosmetik dari seluruh Ajinomoto Group hingga 1,3 kali dari kapasitasnya saat ini. Tujuan pengoperasian pabrik baru ini untuk membangun struktur pasokan global untuk pasar berkembang, terutama di Asia.

Saat ini, Ajinomoto Group memasok bahan baku kosmetik ke lebih dari 3.000 perusahaan di 50 negara, dan setengah dari penjualan itu berada di luar Jepang.

Dengan beroperasinya pabrik di LAFI, maka Ajinomoto Grup memiliki empat basis produksi untuk bahan baku kosmetik, yakni dua perusahaan di Jepang (pabrik Kawasaki dan Tokai), Limeira di Brazil, dan LAFI di Indonesia.

Ajinomoto Group akan memegang kendali penjualan bahan baku kosmetik yang diproduksi di LAFI. Sementara, PT Lautan Luas Tbk (LTLS) akan mengontrol penjualan di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lautan luas
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top