Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemanfaatan Gas oleh Industri & Rumah Tangga Hemat Rp50 Miliar

Pemanfaatan gas untuk kebutuhan industri dan rumah tangga berpotensi menghemat biaya energi hingga Rp50 miliar per tahun.n
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 24 April 2014  |  13:10 WIB
Penyaluran gas. Pemanfaatan oleh industri dan rumah tangga hemat Rp50 miliar - Bisnis
Penyaluran gas. Pemanfaatan oleh industri dan rumah tangga hemat Rp50 miliar - Bisnis

Bisnis.com, SEMARANG--Pemanfaatan gas untuk kebutuhan industri dan rumah tangga berpotensi menghemat biaya energi hingga Rp50 miliar per tahun.

Vice President Strategic Management PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Antonius Aris menyatakan suplai penyaluran gas dengan compressed natural gas (CNG) mendukung pemerintah dalam program konversi bahan bakar minyak ke gas.

"Dimulainya tahapan konstruksi gas bumi dan kawasan Tambak Aji Semarang adalah bagian PGN untuk mempercepat konversi ke gas, mendukung hemat energi," ujarnya, Kamis (24/4/2014).

PGN pada hari ini telah memulai revitalisasi konstruksi infrastruktur gas untuk jaringan pipa distribusi sistem klasterisasi di kawasan industri Tambak Aji.

Perhitungan perseroan mencatat potensi awal konversi ke gas bumi sebesar 710.000 kaki kubik per hari, setara dengan pemakaian solar 600 kilo liter per bulan.

"Dengan perhitungan itu pelanggan bisa menghemat biaya energi lebih dari Rp50 miliar per tahun," ungkap Edy Sukamto selaku Manager Area PGN Semarang.

Rencananya, pasokan CNG diangkut menggunakan truk 40 feet berkapasitas 4.000 kaki kubik dengan suplai melalui pressure reducing station yang terhubung dengan pelanggan melalui jaringan pipa sepanjang 5.150 meter.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gas
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top