Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hikmahanto Juwana Usulkan Pembentukan Badan Arbitrase Konstruksi

Pengamat Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengusulkan industri jasa konstruksi membentuk badan arbitrase konstruksi
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 23 April 2014  |  17:56 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengamat Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengusulkan industri jasa konstruksi membentuk badan arbitrase konstruksi.

"Bursa dan komoditas saja sudah punya, bahkan asuransi juga ada, industri jasa konstruksi seharusnya punya," ujar Hikmahanto dalam diskusi yang diselenggarakan Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI), Rabu (23/4/2014).

Menurut Hikmahanto, industri jasa konstruksi membutuhkan badan arbitrase khusus agar sengketa yang terjadi bisa diselesaikan melalui badan ini. Apalagi pembentukan badan ini tidak mewajibkan harus diisi oleh yang bergelar sarjana hukum sebagai pengurusnya.

Selama ini penanganan sengketa di industri jasa konstruksi masih ditangani Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Namun keberadaan badan ini dinilai belum mampu menangani sengketa pelaku jasa konstruksi yang cukup rumit.

Wacara pembentukan badan arbitrase konstruksi muncul terkait kebutuhan adanya perlindungan bagi industri jasa konstruksi nasional menghadapi sengketa kontrak pekerjaan.

Dengan adanya badan arbitrase khusus ini, kalangan kontraktor tidak ragu-ragu lagi dalam melaksanakan kontrak pekerjaannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa konstruksi
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top