Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BKPM Dukung Relaksasi Bea Keluar Mineral

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendukung langkah pemerintah melakukan relaksasi berupa penurunan Bea Keluar (BK) atau pajak ekspor mineral yang besarannya disesuaikan dengan progres pembangunan smelter perusahaan tambang tersebut.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 23 April 2014  |  18:46 WIB
Gedung BKPM. Instansi ini mendukung penurunan Bea Keluar produk mineral - Bisnis
Gedung BKPM. Instansi ini mendukung penurunan Bea Keluar produk mineral - Bisnis

Bisnis.com,JAKARTA—Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendukung langkah pemerintah melakukan relaksasi berupa penurunan Bea Keluar (BK) atau pajak ekspor mineral yang besarannya disesuaikan dengan progres pembangunan smelter perusahaan tambang tersebut.

Kepala BKPM Mahendra Siregar mengatakan investasi pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) merupakan investasi strategis yang harus dikawal perkembangannya. Karena itu, pihaknya mendukung langkah pemerintah ini.

“Kami berpandangan investasi smelter yag didalamnya termasuk proses pengerjaannya merupakan sesuatu yang penting. Untuk itu, kami akan merumuskan bentuk insentif apa yang sesuai,” katanya, Rabu (23/4/2014).

Dia menyebutkan relaksasi BK tersebut semata-mata bertujuan mendorong perusahaan tambang untuk segera membangun pabrik pengolahan dan pemurnian di dalam negeri sesuai dengan perintah undang-undang yang berlaku.

“ini [relaksasi BK] sama halnya dengan tax allowance,tax holiday dan sejenisnya. Jadi semacam insentif yang tujuannya untuk mendorong,” ungkapnya.

Dia menyebutkan penerapan pajak tinggi di sektor pertambangan ini bisa menjadi boomerng bagi pemerintah karena justru akan menghambat pertumbuhan investasi. Karena itu, dibutuhkan inovasi sehingga kedua hal tersebut dapat diperoleh baik pendapatan negara maupun arus investasinya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bea keluar mineral
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top