Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARI KARTINI: Museum Tekstil Gelar Pelatihan Pewarnaan Alami

Dalam rangka menyambut Hari Kartini, Perkumpulan Rumah Pesona Kain (RPK) bekerjasama dengan Museum Tekstil Jakarta menyelenggarakan pelatihan perajin batik binaan RPK 2014 tentang pewarnaan alam dan inovasi batik di Museum Tekstil Jakarta pada 21-23 April 2014.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 22 April 2014  |  11:36 WIB
Para perajin itu berasal dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Bandung, Tasikmalaya, Cirebon), Jawa Tengah (Kudus, Solo, Bayat, Pekalongan), Jawa Timur (Sidoarjo).  - bisnis.com
Para perajin itu berasal dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Bandung, Tasikmalaya, Cirebon), Jawa Tengah (Kudus, Solo, Bayat, Pekalongan), Jawa Timur (Sidoarjo). - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka menyambut Hari Kartini, Perkumpulan Rumah Pesona Kain (RPK) bekerjasama dengan Museum Tekstil Jakarta menyelenggarakan pelatihan perajin batik binaan  RPK 2014 tentang pewarnaan alam dan inovasi batik di Museum Tekstil Jakarta pada 21-23 April 2014.

“Dalam pelatihan ini kami menghadirkan para pakar batik yang akan memberi pelatihan dan pendampingan dalam hal pewarnaan alam dan inovasi dalam produksi batik,” kata Ketua Perkumpulan Rumah Pesoba Kain Ike Nirwan Bakrie dalam rilisnya, Selasa (22/4/2014).

Kegiatan ini melibatkan sekitar 30 orang perajin binaan yang akan berlangsung selama 3 hari tanpa dipungut bayaran di Museum Tekstil Jakarta.

Para perajin itu berasal dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Bandung, Tasikmalaya, Cirebon), Jawa Tengah (Kudus, Solo, Bayat, Pekalongan), Jawa Timur (Sidoarjo).

“Kami berharap para perajin binaan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya dalam membatik sehingga dalam gilirannya dapat meningkatkan nilai ekonomi produk batiknya,” kata Ike.

Selain menyelenggarakan kegiatan pelatihan batik, Perkumpulan Rumah Pesona Kain juga mengikuti Pameran Inacraft 2014  di Main Lobby Jakarta Convention Center 23-27  April 2014.

Dalam pameran itu, anjungan RPK akan menampilan kain-kain produksi para perajin binaan yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, seperti songket Sumatera Utara, songket Sumatera Barat, songket Palembang, tapis Lampung, sutera ATBM Loom Jawa Barat, batik Cirebon, batik Pekalongan, batik Solo, batik Kudus,  batik Sidoarjo, batik Tuban, songket Negara (Bali), songket Singaraja (Bali) dan tenun NTT.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari kartini Museum Tekstil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top