Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ciputra Bangun RS Bertaraf Internasional di Banjarmasin

Ciputra Group, melalui PT Ciputra Mitra Medika, mendirikan rumah sakit bertaraf internasional di Banjarmasin sejalan dengan tingginya kebutuhan fasilitas kesehatan di Kalimantan Selatan.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 22 April 2014  |  19:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Ciputra Group, melalui PT Ciputra Mitra Medika, mendirikan rumah sakit bertaraf internasional di Banjarmasin sejalan dengan tingginya kebutuhan fasilitas kesehatan di Kalimantan Selatan.

Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin yang menyedot investasi hingga Rp250 miliar itu dibangun di atas lahan 1,5 hektare, terdiri dari dua tower.

Tahap pertama, akan dibangun satu tower yang terdiri dari lower ground dan 6 lantai, serta sebagian tower dua untuk back of the house. Adapun total luas bangunan 15.880 m2, dengan total 205 tempat tidur atau bed.

Dalam rilis yang Bisnis terima Selasa (23/4/2014) disebutkan tingginya pertumbuhan kelas menengah di Kalsel menjadi latar belakang pendirian rumah sakit Tipe B, kategori rumah sakit swasta yang paling tinggi.

Groundbreaking Ciputra Mitra Hospital telah dilakukan pada Rabu (16/4/2014) di CitraLand Banjarmasin. Selain pemotongan tumpeng, dilakukan pula pemancangan tiang pondasi perdana Ciputra Mitra Hospital.

Wiranata Halim, Direktur Utama PT Ciputra Mitra Medika, mengatakan dengan pertumbuhan ekonomi Kalsel yang rata-rata di atas 5%, menumbuhkan banyak masyarakat kelas menengah dan atas baru setiap tahun.

Seiring dengan itu, kebutuhan akan sarana pendidikan, kesehatan dan menunjang fasilitas gaya hidup, khususnya di Kota Banjarmasin juga meningkat.

Namun, keberadaan rumah sakit berstandar baik dianggap masih minim sehingga masyarakat kelas menengah atas memilih berobat ke luar daerah, terutama Surabaya dan Jakarta, bahkan ke luar negeri.

“Berangkat dari pemikiran tersebut, kami dengan Ciputra Group memberanikan diri untuk membangun Ciputra Mitra Hospital di CitraLand Banjarmasin,” katanya.

Dia berharap kehadiran rumah sakit ini bisa membantu masyarakat Kalsel untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar yang diinginkan. Rumah sakit ini direncanakan dapat beroperasi pada Oktober 2015.

Direktur PT Ciputra Mitra Medika Veimeirawaty Kusnadi menambahkan rumah sakit pemerintah dan swasta yang ada belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan masarakat, khususnya kalangan menengah atas.

“Kebutuhan pelayanan kesehatan di sini masih sangat besar. Apalagi kami bermitra dengan Mitra Group yang merupakan putra daerah, yang sangat tahu kebutuhan di sini.”

Menurutnya, selain didisain dengan konsep modern, rumah sakit ini juga ramah lingkungan, mulai dari landscape dan tanaman, pengelolaan air limbah, hingga pemilihan alat mekanikal dan elektrikal.

Rencananya, lanjut Veimeirawaty, ada 35 ruang poliklinik untuk pasien rawat jalan, unit gawat darurat (UGD) dengan total kapasitas 12 bed, tiga kamar bedah berstandar internasional, ruang medical check up, radiologi yang lengkap, fisioterapi, intensive care (baik untuk ICU dewasa, anak, maupun bayi), serta berbagai dokter spesialis.

Sementara itu, Cakra Ciputra Managing Director Ciputra Group mengatakan, Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin ini, merupakan rumah sakit Ciputra ketiga. Pertama di CitraRaya Tangerang dan kedua di CitraGarden City Jakarta yang masih dalam tahap pengerjaan konstruksi.

“Di rumah sakit ini kami melayani semua golongan masyarakat, karena itu pelayanan kami mulai dari kelas 3 sampai kelas VIP. Dibanding berobat ke luar daerah atau ke luar negeri, biaya berobat di sini lebih kompetitif, dan tidak kalah mutu dan kualitas pelayanannya,” kata Cakra.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top