Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DANA BANSOS Rp18,6 Triliun Bakal Diaudit BPKP

Program bantuan sosial (bansos) senilai Rp18,6 triliun di 11 kementerian/lembaga akhirnya ditetapkan untuk diaudit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 22 April 2014  |  22:09 WIB
Dana bantuan sosial diaudit BPKP - Bisnis.com
Dana bantuan sosial diaudit BPKP - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Program bantuan sosial (bansos) senilai Rp18,6 triliun di 11 kementerian/lembaga akhirnya ditetapkan untuk diaudit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Sebelas kementerian itu a.l. Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala BPKP Mardiasmo mengatakan Kemenkeu sudah menyepakati kerangka acuan kerja alias term of reference (TOR) yang disusun BPKP dan akan digunakan oleh auditor internal pemerintah itu untuk meninjau sebagian program bansos.

TOR tersebut mencakup kriteria tepat sasaran, tranparansi, tidak tumpang-tindih dan akuntabilitas.

"Kami akan selesaikan itu. Mudah-mudahan April ini atau Mei selesai," katanya seusai rapat tentang rencana peninjauan bansos di Kemenkeu, Selasa (22/4/2014).

Mardiasmo memastikan dana bantuan operasional sekolah (BOS), bantuan siswa miskin (BSM), program keluarga harapan (PKH), program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM), penerima bantuan iuran (PBI) dan cadangan bencana alam, tidak diaudit.

Menurutnya, hasil audit BPKP nantinya dapat diaplikasikan pemerintah dalam APBN Perubahan 2014. "Di situ, nanti akan ada kebijakan baru, apakah program diteruskan, di-hold atau dikurangi untuk yang betul-betul bansos," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpkp bansos
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top