Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi, Terjadi Lebih Disebabkan Gangguan Distribusi

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan inflasi di Tanah Air selama ini lebih banyak disebabkan oleh gangguan distribusi ketimbang produksi.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 21 April 2014  |  17:32 WIB
Ilustrasi inflasi. Gangguan distribusi menjadi penyebab - JIBI
Ilustrasi inflasi. Gangguan distribusi menjadi penyebab - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-- Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan inflasi di Tanah Air selama ini lebih banyak disebabkan oleh gangguan distribusi ketimbang produksi.

 Dia menyebutkan  produksi pangan, yang kerap mengalami gejolak harga,  sesungguhnya cukup, baik yang bersumber dari dalam negeri maupun yang harus diimpor.

“Kadang gangguan tersebut lebih bersifat teknis, misalkan distribusi tidak lancar karena kapal terlambat datang, yang apabila dibiarkan akan menimbulkan persoalan peningkatan harga di daerah-daerah tertentu,” katanya di sela penandatanganan nota kesepahaman Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Senin (21/4/2014).

Menurutnya, peran tim ekonomi regional Bank Indonesia sangat signifikan dalam TPID. Dengan data dan analisis yang disampaikan tim itu, pemda dan tim pemerintah pusat dapat melakukan upaya secepat mungkin untuk melakukan koreksi ataupun memperlancar distribusi apabila ada gangguan.

Dia berharap inflasi tahun ini tak melampaui proyeksi 4,5%±1 di tengah situasi perekonomian dunia yang masih menghadapi risiko.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top