Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Dialog Buruh

Kepala daerah diimbau meningkatkan dialog dengan serikat pekerja menyusul masih banyaknya kasus perselisihan hubungan industrial yang belum terselesaikan dalam setiap periode.

Bisnis.com, JAKARTA—Kepala daerah diimbau meningkatkan dialog dengan serikat pekerja menyusul masih banyaknya kasus perselisihan hubungan industrial yang belum terselesaikan dalam setiap periode.
 
Imbauan tersebut Tertuang dalam surat edaran Menakertrans No. 57/MEN/PHIJSK-KPHI/III/2014 tentang Pelaksanaan Peringatan Hari Solidaritas Buruh International pada 1 Mei 2014.

Dalam surat edaran tersebut, Muhaimin juga meminta para gubernur di seluruh Indonesia agar meningkatkan dialog secara formal dan informal dengan serikat buruh yang berada di wilayahnya.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan unsur tripartit yang terdiri dari pengusaha, buruh dan pemerintah harus mampu duduk bersama untuk mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan beberapa permasalahan di bidang ketenagakerjaan di Indonesia.

Saat ini berdasarkan data Kemenakertrans, terdaat sedikitnya 2.861 kasus perselisihan hubungan industrial yang masuk sepanjang 2013. Namun sayang, masih ada 393 kasus perselisihan yang belum tuntas pada periode tersebut.

Menurutnya, untuk menyelesaikan kasus sengketa perburuhan, pengusaha dan buruh sangat perlu wadah untuk menampung ide, usulan, serta aspirasi untuk menyelesaikan permasalahan.

“Hal itu harus difasilitasi pemerintah sebagai salah satu komponen dari lembaga tripartit,” papar Muhaimin dalam siaran pers, Senin (14/4/2014).
 
Selain mempercepat penyelesaian, kata Muhaimin, dialog tripartit juga diharap mampu memetakan masalah yang berisiko muncul dari jalannya sebuah usaha. “Jadi, jika muncul masalah bisa segera dituntaskan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper