Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sucofindo Kebanjiran Order SNI Elektronik

PT Sucofindo kebanjiran produsen dan importir produk elektronik AC, Mesin Cuci dan Kulkas.yang diproses untuk memperoleh sertifikasi seiring dengan diberlakukannya SNI wajib produk elektronik tersebut pada 10 April.
Pabrik perakitan televisi/Bisnis
Pabrik perakitan televisi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--PT Sucofindo kebanjiran produsen dan importir produk elektronik AC, Mesin Cuci dan Kulkas.yang diproses untuk memperoleh sertifikasi seiring dengan diberlakukannya SNI wajib produk elektronik tersebut pada 10 April.

Yerry Taizar, Sucofindo Head of SBU menuturkan hingga saat ini sedikitnya terdapat 15 perusahaan, baik lokal maupun impor yang sudah dalam proses pengujian untuk mendapatkan sertifikasi SNI dari Sucofindo sebagai salah satu dari LSPro yang ditunjuk pemerintah.

Diakui olehnya, untuk proses mulai dari permohonan hingga pengujian dan penerbitan setifikasi dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan hingga 3,5 bulan. Sebab, prosesnya lebih panjang dengan pengambilan contoh, serta banyaknya proses audit yang dilakukan dengan berbagai parameter.

 “Tapi kami akan berusaha untuk segera menyelesaikan sesuai deadline tanggal 10 April. Saat ini sudah 15 yang diproses, masih ada yang antri juga tapi mudah-mudahan bisa lebih cepat,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (25/3).

Terkait biaya, menurutnya sangat beragam tergantung dari lingkup pemeriksaannya serta lokasinya. Sebab, tidak sedikit produk elektronik tersebut yang berasal dari luar negeri terutama Jepang dan China.

“Proses audit untuk SNI produk elektronik ini merupakan audit tipe 5 sehingga masa berlakunya mencapai 3 tahun sehingga dari sisi biaya agak sedikit mahal,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper