Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakuten Garap Pasar Luar Jakarta

Rakuten, perusahaan Internet asal Jepang, berkomitmen mengembangkan e-commerce terutama di luar Jakarta
 Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTARakuten, perusahaan Internet asal Jepang, berkomitmen mengembangkan e-commerce terutama di luar Jakarta.

Ryota Inaba, CEO & Presiden Direktur Rakuten Belanja Online (RBO) mengatakan pihaknya sedang menyelenggarakan seminar yang ditujukan untuk para usaha kecil dan menengah (UKM) guna mendorong pertumbuhan e-commerce di Tanah Air. Seminar yang diadakan di Yogyakarta ini akan memberikan masukan kepada UKM agar bisa mengambil keuntungan di bidang jual beli online.

Rangkaian seminar ini telah diadakan di Surabaya pada 26 September 2013, Medan pada 6 November 2013 dan Bandung pada 7 Januari 2014. Seminar serupa direncanakan akan diadakan di kota-kota lain di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

”Seminar e-commerce pada hari ini di Yogjakarta merepresentasikan komitmen berkelanjutan Rakuten untuk memberdayakan bisnis lokal. Provinsi yang berkembang pesat seperti Yogjakarta memiliki potensi ekonomi yang luar biasa untuk mendukung  pertumbuhan ekonomi Indonesia,“ ujarnya dalam siaran pers (14/3/2014)

Selain melaksanakan seminar, RBO meluncurkan program pemberdayaan untuk mahasiswa di Universitas Gadjah Mada. Ryota memberikan pemaparan mengenai RBO, berbagi informasi mengenai e-commerce, potensinya untuk pertumbuhan di Indonesia, serta tips dan trik untuk meraih sukses

Program RBO untuk pemberdayaan mahasiswa juga akan diselenggarakan di universitas-universitas lain di Indonesia. Mahasiswa dari berbagai universitas akan didorong untuk mendirikan toko online mereka berbasis platform RBO dan berkompetisi untuk mendapatkan hadiah yang disediakan RBO.

RBO mengklaim telah tumbuh pesat sejak didirikan Pada 2011. Momentum positif tahun 2013 dengan peluncuran program edukasi e-commerce untuk UKM, dirilisnya platform e-commerce global baru dan solusi pembayaran dengan Veritrans, Project HOPE untuk memberdayakan warga Wamena Papua serta dikenalkannya Viki ke Indonesia.

Rakuten Belanja Online juga berhasil mengembangkan basis pelanggannya yang semula hanya berbasis di Jakarta, hingga menjangkau kota-kota lain di Indonesia. Kalau pada dua tahun lalu didominasi oleh pelanggan yang berbasis di Jakarta (90%), sekarang mempunyai 70% pelanggan yang berasal dari kota-kota lain di luar ibu kota Jakarta.

Tonggak sejarah yang penting lainnya terjadi pada 1 September, ketika RBO memperdalam investasinya di Indonesia dengan keputusan untuk membuat RBO menjadi anak perusahaan Rakuten, Inc. sepenuhnya dan membuka kantor baru di  Kota Kasablanka, Jakarta Selatan guna memenuhi kebutuhan yang semakin meluas seiring  dengan pertumbuhan  bisnis Rakuten Belanja Online.

RBO mencatat pertumbuhan pesat tahun 2013 dengan gross merchandise value (GMS) meningkat 152% year-on-year dan jumlah pesanan yang dibayar/paid orders meningkat 147% year-on-year. Dipicu oleh implementasi teknologi baru, mobile commerce juga mencatat pertumbuhan kuat tahun lalu, dengan jumlah kunjungan mobile meningkat 132% dari semester pertama ke semester kedua 2013 dan jumlah pemesanan melalui mobile meningkat 85% di periode yang sama sementara tingkat konversi (CVR) dari smartphone meningkat 63,3% year-on-year.

Portofolio produk RBO meningkat baik dalam kuantitas maupun variasinya.  Dari 40.000 item pada hari dibukanya RBO hingga lebih dari 500.000 item dan lebih dari 600 merchant sampai saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper