Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DEN Sarankan Transportasi Energi Sesuai Letak Geografis

Penyesuaian sistem transportasi energi dengan kondisi geografis di Indonesia merupakan bagian dari efisiensi penggunaan sumber energi yang berada di suatu wilayah.
Inda Marlina
Inda Marlina - Bisnis.com 12 Maret 2014  |  16:52 WIB
Logo Dewan Energi Nasional - den.go.id
Logo Dewan Energi Nasional - den.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Dewan Energi Nasional, DEN, menyarankan agar sistem transportasi energi disesuaikan dengan kondisi geografis di Indonesia. 

Anggota DEN Mukhtasor mengatakan penyesuaian sistem transportasi energi dengan kondisi geografis di Indonesia merupakan bagian dari efisiensi penggunaan sumber energi yang berada di suatu wilayah.

Selain itu, efisiensi pengguanaan energi tersebut harus ditunjang moda transportasi yang sesuai. 

"Misalnya, di Sulawesi cocok menggunakan kereta listrik karena listrik di sana sudah berhasil disuplai dari pembangkit listrik minihidro atau mikrohidro," ujar Mukhtasor, Rabu (12/3/2014).

Listrik yang digunakan untuk moda transportasi tersebut sebaiknya digalakkan setelah biaya pokok produksi minyak untuk listrik sudah bisa ditekan.

Artinya, lanjut dia, penggunaan bahan bakar minyak untuk pembangkit listrik diganti dengan energi baru dan terbarukan yang bisa diproduksi secara berkelanjutan. 

Oleh karena itu, DEN menyarankan agar pembangunan pembangkit dengan energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga air segera ditingkatkan.

Pembangunan tersebut merupakan penunjang sistem transportasi massal berbasis penggerak listrik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top